Belum Bertemu Pengurus PAN, Keseriusan Atep di Pilbup Bandung Dipertanyakan

Muhammad Iqbal - detikNews
Minggu, 30 Agu 2020 12:21 WIB
Profile Lord Atep Persib Bandung
Atep (Foto: Satria Nandha/detikcom).
Kabupaten Bandung -

Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) DPD PAN Kabupaten Bandung Kasvul Anwar mempertanyakan keseriusan Atep Rijal maju di Pilbup Bandung 2020. Mantan kapten Persib Bandung tersebut belum pernah sekali pun bertemu dengan elit politik PAN di daerah setelah dikabarkan mendapatkan SK rekomendasi dari DPP PAN.

Kasvul mengatakan pihaknya belum pernah sekalipun bertemu dengan Atep yang disebut akan mendampingi Yena Iskandar Masoem dalam Pilbup Bandung. Ia mengatakan, idealnya Atep membangun komunikasi politik dengan kendaraan partai yang dipakai yakni PAN Kabupaten Bandung.

"Idealnya, Atep ini komunikasi dengan struktur partai secara kelembagaan bukan pribadi. Karena Atep memakai kendaraan PAN Kabupaten Bandung. Seharusnya Atep datang ke pada kami sehingga kenal dengan seluruh elit PAN di Kabupaten Bandung. Dan setelah itu baru akan kita rencanakan akan bertemu dengan pengurus di kecamatan sampai tingkat desa," ucap Kasvul saat dihubungi detikcom, Minggu (30/8/2020).

Ia menyesalkan Atep belum pernah bertemu dengan pihak PAN. Baginya, pertemuan itu penting untuk membangun chemistry antara PAN dengan Atep dan tim pemenangan.
Hal itu menurutnya penting karena akan dibahas juga strategi pemenangan dan juga kesepakatan politik antara Atep dengan PAN.

"Saya sendiri belum ketemu dengan Atep. Konsep strateginya pemenangan dari tim Atep seperti apa. Kan harus ditawarkan ke partai. Itu yang kami sesalkan dari partai," ujarnya.

Mengingat waktu pendaftaran hanya menghitung hari, ia berharap Atep dapat segera menunjukkan keseriusannya. Pasalnya, masih banyak persyaratan administrasi yang mesti dipenuhi dan harus dilakukan secara tatap muka.

"Karena ini waktu pendaftaran sudah dekat, banyak administrasi yang harus ditandatangani oleh Atep dan ketua partai. Setumpuk administrasi untuk pencalonan dari KPU harus diisi oleh Atep dan diketahui oleh ketua partai," katanya.

"Sehingga kami bertanya, Atep ini serius atau tidak nih. Bener Atep tuh mau jadi calon wakil dari PAN atau tidak? Dalam kamus politik, bila lalai akan diambil sama orang," tambah Kasvul.

Selain itu, ucap Kasvul, pihaknya belum melakukan komunikasi dengan partai koalisi yakni PDIP. Ia masih menunggu sikap Atep dan keseriusan Atep untuk menjadi calon wakil bupati Bandung yang diusung PAN.

"Sebenarnya kami belum ada kelanjutan komunikasi dengan PDIP, karena kenapa? Dengan Atep nya sendiri belum. (Koalisi) Hanya sekadar kita kenal dengan pemimpin PDIP, semuanya teman saya waktu di dewan. Kita hanya membangun kepercayaan," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, DPD PDIP resmi mengusung Yena Iskandar Masoem sebagai calon bupati pada Pilbup Bandung nanti. PDIP berkoalisi dengan PAN yang mengusung Atep, eks Pemain Persib sebagai wakil bupati.

Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono mengatakan, rekomendasi tersebut tidak keluar secara mendadak. Yena mengikuti semua proses tahapan, dari mulai penjaringan hingga turunnya rekomendasi.

"Jadi memang proses tersebut sudah ditempuh dari awal dari September tahun lalu, memang ibu Yena dari PDI Perjuangan sudah merupakan kader dan kita berkoalisi dengan PAN yang mengusung saudara Atep. Itu memang sudah melalui proses yang panjang," katanya saat dihubungi, Selasa (11/8/2020).

(mso/mso)