Pot Tanaman Hias di Kawasan Geopark Ciletuh Hilang, Dicuri?

Syahdan Alamsyah - detikNews
Kamis, 27 Agu 2020 21:48 WIB
Pot tanaman hias di kawasan Geopark Ciletuh hilang
Pot tanaman hias di kawasan Geopark Ciletuh hilang (Foto: Syahdan Alamsyah)
Sukabumi -

Tangan-tangan jahil beraksi di kawasan wisata Geopark Ciletuh Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat. Ratusan pot berisi tanaman hias hilang diduga dicuri orang tidak bertanggung jawab.

Pantauan detikcom, kondisi pot yang berjejer di beberapa titik jalan raya itu kondisinya tidak terawat. Banyak sampah berserakan di sekitar lokasi terutama di titik Jalab Sudirman, Palabuhanratu tepatnya ke arah komplek perkantoran Jajaway.

"Sepertinya dicuri, soalnya bukan hanya tanamannya saja tapi dengan pot-potnya. Kalau semisal jatuh pasti ada bekasnya," ungkap Herwan, warga setempat kepada detikcom, Kamis (27/8/2020).

Ia menyayangkan keberadaan tanaman hias dan pot itu sebelumnya memang menambah keindahan kawasan wisata. Meskipun sering ada penyiraman, namun keberadaan tanaman-tanaman itu menurut Herwan seperti kurang perawatan.

"Tidak hanya yang menggantung, pot besar di trotoar juga tanamannya hilang. Entah jadi korban pencurian atau memang kering lalu mati. Jadi seperti tidak di rawat dan mubazir sudah di tanam tapi tidak di urus, bahkan ada beberapa pot, saya lihat posisinya terbalik." Pungkas dia.

Pantauan ada 12 blok terpasang tanaman masing masing blok berisi 45 pot sehingga bila dijumlahkan seluruhnya ada sebanyak 540 pot. Pot yang masih ada dan utuh ada 315 pot sedangkan Pot yang hilang mencapai 225 pot.

Selain yang menggantung, terdapat juga puluhan pot besar di pinggir trotoar yang tidak ada tanaman hias dan sebagian terlihat terbalik.

(sya/mud)