Jadi Relawan Vaksin, Ridwan Kamil Bakal Kurangi Agenda Kegiatan

Yudha Maulana - detikNews
Kamis, 27 Agu 2020 19:16 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Foto: Yudha Maulana/detikcom).
Bandung -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah dinyatakan siap untuk menerima vaksin COVID-19 dari Sinovac pada Jumat (28/8/2020) besok. Pasalnya, hasil swab test pria yang akrab disapa Kang Emil itu pada pemeriksaan pertama uji klinis negatif.

"Saya dilaporkan negatif COVID lagi, sehingga besok lolos untuk mengikuti penyuntikan pertama di Puskesmas Garuda. Setelah itu akan dimonitor kondisi tubuh setelah diberi vaksin," ujar Kang Emil di Gedung Pakuan, Kamis (27/8/2020).

Menurutnya, penyuntikan vaksin akan berlangsung dalam dua tahap. Tahap pertama (v1) akan dilakukan besok, sementara penyuntikkan kedua (v2) akan dilaksanakan dua pekan setelahnya. "Baru pada yang ketiga setelah itu dicek darah, apakah imunitas saya naik 90 persen atau lebih, kalau itu berhasil tujuan berarti tercapai sehingga bisa menjadi bukti mulailah diproduksi vaksin di Bio Farma," tuturnya.

Sedianya relawan vaksin COVID-19 akan dipantau secara berkala oleh peneliti dari Universitas Padjadjaran, dalam uji klinis ini pun Kang Emil akan mengurangi mobilitasnya sebagai gubernur selama menjalani uji klinis.

"Tapi tidak mengubah jenis kegiatan, hanya mengurangi frekuensi jumlah dari sembilan agenda misalnya menjadi lima atau enam. Bukan tidak boleh keluar Bandung, tetapi ketika dipanggil oleh dokter ada," katanya.

Ia pun mengimbau agar relawan vaksin lainnya turut menjaga kesehatan, pasalnya jangan sampai keluhan medis yang dirasakan karena lalai, dikaitkan dengan efek samping dari vaksin.

"Saya jaga tidur, makan dengan baik karena vaksin ini jangan sampai orang sakit, terus si peneliti menduga sakitnya karena vaksin, padahal sakitnya karena perilaku gaya hidup. Gaya hidup angin-anginan atau fisik terkuras habis sehingga nanti mengaburkan penilaian," katanya.

(yum/mso)