Belum Ada Calon, PPP-PKB Dekati Gerinda di Pilkada Pandeglang

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Kamis, 27 Agu 2020 17:11 WIB
Ilustrasi Fokus Nasib Pilkada Langsung (Andhika Akbaransyah)
Ilustrasi Pilkada (Ilustrator: Andhika Akbaransyah)
Pandeglang -

Koalisi PPP-PKB di Pilkada Pandeglang belum menemukan calon untuk pasangan yang akan diusung. Sejauh ini, keduanya baru sepakat mengusung Toni Mukson.

Saat dihubungi detikcom, Toni belum bersedia mengungkap siapa calon yang akan mendampingi dirinya. Politisi PKB ini menjelaskan bahwa kedua partai masih mencari pendamping dan terus berkomunikasi dengan Gerindra yang belum menyatakan sikap.

"Nggak (sulit). Ketua DPC (Gerindra) hari minggu deklarasi itu rencananya, bila rencana ini sesuai kehendak. Jadi saya tahu Gerindra mau deklarasi dukungan, komunikasi juga baik," kata Toni melalui sambungan telepon di Pandeglang, Banten, Kamis (27/8/2020).

Jika terbangun koalisi, siapapun yang ditempatkan sebagai calon bupati atau wakil akan didaftarkan begitu KPU membuka resmi jadwal pendaftaran. Yang jelas tim katanya masih bekerja untuk membangun koalisi melawan petahana Irna Narulita-Tanto Arban.

Ia juga menyambut baik dukungan PDIP ke petahana. Keyakinannya maju juga untuk memastikan agar tidak ada pertandingan antara petahana dengan kotak kosong.

"Yang jelas saya akan menjadikan Pilkada Kabupaten Pandeglang riang gembira, tenang, tidak dengan intervensi struktur apapun, kita menyampaikan program," ujar Toni.

Pada Selasa (25/8) kemarin, PDIP sudah menyerahkan surat dukungan ke petahana Irna-Tanto. Kedua pasangan ini telah mengantongi rekomendasi dari Golkar, PAN, PBB, PKS, NasDem dan Demokrat.

Namun, untuk koalisi PPP-PKB yang dideklarasikan pada Minggu (5/7/2020) di DPW PPP, belum menemukan pasangan untuk mendampingi Toni Mukson sampai sekarang.

(bri/bbn)