Ini Motif Lima Bocah Garut Lucuti Bendera Indonesia

Hakim Ghani - detikNews
Kamis, 27 Agu 2020 16:14 WIB
Bocah Garut Lucuti Bendera Indonesia
Aksi bocah melucuti bendera Indonesia di Garut. (Foto: Tangkapan CCTV)
Garut -

Polisi menangkap lima pelaku pelucutan bendera Indonesia yang terjadi di Garut beberapa waktu lalu. Apa motif para bocah pria itu melucuti bendera?

Kasat Reskrim Polres Garut AKP Maradona Armin Mappseng menegaskan mereka yang terlibat pelucutan bendera itu anak di bawah umur. "Hasil dari penyelidikan, ditemukan fakta bahwa kelima orang ini merupakan anak di bawah umur," ucap Maradona kepada wartawan di Mako Polres, Kamis (27/8/2020).

Kelima bocah tersebut total mengambil empat bendera Merah-Putih yang terpasang di tepi jalan. "Pengakuannya, mereka mengambil bendera karena iseng," ujar Maradona.

Lokasi pelucutan bendera Indonesia oleh para pelaku itu berada di pinggir Jalan Raya Wanaraja, Desa Wanaraja, Garut. Tepatnya di depan studio Albara. Tempatnya tak jauh dari Kantor Kecamatan Wanaraja.

Kejadian tersebut berlangsung Kamis 20 Agustus 2020, pukul 03.37 WIB. Aksi mereka melucuti bendera Indonesia terekam kamera CCTV. Bendera itu milik masyarakat yang terpasang di trotoar jalan.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi A Chaniago mengatakan kasus ini ditangani Polres Garut. Berdasarkan pemeriksaan sementara, kelima orang tersebut berusia di bawah 20 tahun.

"Rata-rata umur 16 sampai 17 tahun," kata Erdi.

(bbn/bbn)