236.893 Pekerja di Kota Bandung Akan Terima Bantuan Rp 600 Ribu/Bulan

Wisma Putra - detikNews
Kamis, 27 Agu 2020 12:51 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono).
Bandung -

Sebanyak 236.893 pekerja non-PNS dan BUMN yang bergaji di bawah Rp 5 juta di Kota Bandung akan menerima bantuan Rp 600 ribu dari pemerintah pusat. Bantuan tersebut diharapkan bisa meningkatkan daya beli warga di tengah keterpurukan ekonomi imbas pandemi COVID-19.

"Untuk di Kota Bandung eksisting 24 Agustus ada 236.893 pekerja yang sudah disampaikan oleh BPJS Ketenagakerjaan kepada pemerintah pusat," kata Kabid Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Kota Bandung Marsana di Balai Kota Bandung, Kamis (27/8/2020).

Dia mengungkapkan bantuan tersebut diberikan kepada pegawai formal yang memiliki ikatan kerja dengan sebuah perusahaan. Bantuan tersebut rencananya diberikan sebanyak empat kali sebesar Rp 600 ribu setiap bulannya.

"Jadi bantuan ini diberikan untuk pekerja formal atau pekerja dalam hubungan kerja. Kewajiban yang mengikut sertakan ya perusahaan," tuturnya.

Untuk di Kota Bandung, lanjut dia, sebagian besar pekerja yang akan mendapat bantuan tersebut berasal dari sektor jasa. Contohnya hotel, restoran dan lainnya.

"Bermacam-macam, kalau di Bandung paling banyak di sektor jasa. Dari mulai ritel, niga, perhotelan, rumah makan, manufaktur, hampir semua ada," ucapnya.

Dia menambahkan program bantuan itu diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada hari ini. Nantinya secara bertahap bantuan tersebut akan disalurkan kepada masing-masing pegawai.

"Hari ini launching oleh presiden dan masing-masing kantor BPJS juga," ujarnya.

Sementara itu Asep Suyatna (55), seorang pekerja outsourcing di Balai Kota Bandung mengaku senang dengan kabar pemerintah mulai mencairkan bantuan subsidi kepada pekerja non PNS yang berpenghasilan di bawah Rp 5 juta. Meski uang sebesar Rp 600 ribu itu belum masuk ke rekeningnya, Asep mengaku senang.

"Terimakasih meskipun belum mendapatkan, sangat menunjang terutama bagi saya dan keluarga," kata Asep yang berprofesi sebagai tukang kebun di Balai Kota Bandung, Kamis (27/8/2020).

Asep mengaku, ia merupakan pekerja dari PT Zibar. Seperti diketahui, tempat ia bekerja merupakan pihak ketiga yang bekerjasama dengan Pemkot Bandung.

"Saya punya BPJS Ketenagakerjaan, kalau gajih sekitar Rp 3 juta," ujar warga Ledeng, Kota Bandung itu.

Dengan memiliki persyaratan itu, Asep sudah dipastikan bakal mendapatkan bantuan tersebut. "Mudah-mudahan, sudah didaftarkan juga sama pihak perusahaan," tambahnya.

(wip/mso)