Andin, Balita Cantik Penderita Hidrosefalus Akhirnya mendapatkan Bantuan

Muhammad Rizal - detikNews
Sabtu, 22 Agu 2020 20:28 WIB
bayi hidrosefalus asal sumedang dapat bantuan
Foto: Muhammad Rizal
Sumedang -

Senang dan sedikit lega, itulah perasaan yang kini dirasakan oleh pasangan suami istri Dadan Kardian (50) dan Yuli Istiani (26). Sebab anak ketiganya yang bernama Andin Saputri yang didiagnosis menderita penyakit hidrosefalus akhirnya mendapat bantuan langsung dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang dan Polres Sumedang.

Dengan wajah semringah, Ibunda Andin, Yuli sangat bersukur mendapatkan bantuan langsung dari Bupati Sumedang, melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang. Hal itu setelah kabar kondisi Andin naik di sejumlah media.

Andin Saputri, balita cantik berusia satu tahun ini harus harus menderita karena ada selang yang tertancap di dalam kepalanya menjalar hingga ke perutnya. Selang itu sebagai saluran cairan dari dalam otak ke tubuhnya.

Seperti diketahui, Andin Saputri tinggal di sebuah kontrakan kecil di Lingkungan Palasari Rt 01/14 Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang Jawa Barat.

Sekretaris Dinas Kesehatan Sumedang Uyu Wahyudin mengatakan Andin pernah dirawat dan dioperasi di RSUD Sumedang untuk mengeluarkan cairan yang ada di kepalanya.

Uyu mengaku, Pasca operasi tersebut, pihaknya terus melakukan pemantauan tumbuh kembang Andin. Menurutnya, sebelum dilakukan operasi ukuran kepala Andin itu berukuran 54 sentimeter, setelah operasi ukuran lingkaran kepalanya mengecil menjadi 46 sentimeter.

"Sekarang kami lakukan dengan penanganan jangka pendek dan jangka panjang, termasuk diupayakan mendapat PBI (Penerima Bantuan Iuran) dari Pemda Kabupaten Sumedang," kata Uyu saat mengunjungi rumah kontrakan Andhin, Sabtu (22/8/2020).

Menurut Uyu meski administrasi kependudukan orang tua Andin sempat menghambat, namun pihaknya memastikan Andin mendapat pemantauan dan penanganan secara medis. Selain itu juga, Andin akan dipantau oleh bidan untuk memastikan agar kebutuhan gizinya terpenuhi.

"Ibu bayi kan KTP nya Brebes, sedangkan ayahnya masih alamat Desa Cikeruh Kecamatan Jatinangor, tapi Pemkab Sumedang sudah berikan jaminan kesehatan melalui Jamkesda (Jaminan Kesehatan Daerah) untuk Andin," ucap Uyu.

Selain itu, bantuan juga diberikan Polres Sumedang. Kapolres Sumedang AKBP Dwi Indra Laksmana menuturkan, bantuan yang diberikan kepada Andin ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Polisi kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Bantuan ini merupakan bagian dari program kepolisian untuk membantu masyarakat kurang mampu dalam meringankan beban kehidupannya," katanya.

Kata Indra, apalagi Andin ini merupakan anak balita yang harus menahan rasa sakit akibat menderita penyakit pembengkakan kepala atau hidrosefalus.

(ern/ern)