Volume Kendaraan Meningkat, Polisi Buka Tutup Jalur Wisata Lembang

Whisnu Pradana - detikNews
Jumat, 21 Agu 2020 13:36 WIB
Polisi buka tutup jalur wisata Lembang
Polisi buka tutup jalur wisata Lembang (Foto: Whisnu Pradana)
Lembang -

Wisatawan dari Bandung Raya maupun luar Jawa Barat kian memadati kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat, di hari ke dua libur Tahun Baru Islam. Hal tersebut terlihat dari peningkatan volume kendaraan.

Berdasarkan pantauan detikcom di kawasan wisata Lembang, Jumat (21/8/2020) siang, ruas Jalan Raya Lembang dipadati kendaraan roda empat dan roda dua, yang didominasi oleh kendaraan berpelat B, F, Z, dan lainnya.

Sejumlah objek wisata di Lembang menjadi sasaran kunjungan wisatawan, seperti The Great Asia Africa, Farm House, Tangkuban Parahu, Floating Market, serta sentra oleh-oleh dan rumah makan di sepanjang Jalan Raya Lembang.

KBO Satlantas Polres Cimahi Iptu Duddy Iskandar mengungkapkan ketimbang hari sebelumnya ada peningkatan volume kendaraan wisatawan hingga 40 persen. Jumlah tersebut bisa bertambah setelah Salat Jumat.

"Ketimbang kemarin hari ini ada penambahan kunjungan wisatawan sampai 40 persen. Tapi kepotong Jumatan, jadi nanti siang menjelang sore bisa bertambah lagi," ungkap Duddy saat ditemui.

Untuk menarik penumpukan kendaraan di pintu masuk objek wisata, sejak pagi hingga siang pihaknya melakukan cara bertindak (cb) oneway sebanyak tiga kali. Rinciannya, dua kali di depan wisata The Great Asia Africa dan satu kali di Simpang Beatrix.

"Sudah melakukan cb oneway dua kali di Farm House atau TGAA dan satu kali di Simpang Beatrix. Itu untuk mengurai kepadatan kendaraan karena ekornya sudah sampai batas Kota Bandung dan KBB," jelasnya.

Menghadapi longweekend kali ini, pihaknya menyiagakan 100 personel Satlantas yang disebar di sejumlah titik di kawasan Lembang, terutama di objek wisata dan pusat keramaian lainnya.

"Total 100 personel yang disiagakan menghadapi longweekend kali ini. Ada yang di Farm House, di Simpang Beatrix, Simpang Grand Hotel, Alun-alun, Pasar Panorama, dan simpul kemacetan lainnya," tandasnya.

Tonton video 'Relawan di Bandung Ungkap Pengalaman Disuntik Vaksin Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]



(mud/mud)