Akses Menuju Puncak Buka-Tutup, Kendaraan Dialihkan ke Jonggol-Sukabumi

Ismet Selamet - detikNews
Kamis, 20 Agu 2020 15:51 WIB
Jalur Cianjur
Bundaran Tugu Lampu Gentur Cianjur ditutup akibat jalur Puncak padat kendaraan. (Foto: Ismet Selamet/detikcom)
Cianjur -

Polres Cianjur memberlakukan sistem buka tutup arus dari Cianjur menuju puncak. Arus kendaraan menuju Jakarta dialihkan ke jalan alternatif Jonggol dan Sukabumi.

Dari pantauan detikcom, penutupan jalur dari arah Cianjur menuju puncak tepatnya di perempatan tugu Lampu Gentur mulai dilakukan pukul 11.00 WIB. Hingga siang tadi pukul 13.00 WIB, akses masih ditutup.

Kasat lantas Polres Cianjur AKP Meilawaty mengatakan penutupan dilakukan karena arus lalulintas di wilayah Cianjur utara mulai padat. "Tadi sekitar pukul 10.00 WIB, akses menuju destinasi wisata Kebun Raya Cibodas sudah padat, sehingga akses ke jalur puncak ditutup sementara," ujar Meilawaty saat ditemui di Mapolsek Pacet, Kamis (20/8/2020).

Namun akses menuju puncak akan dibuka kembali begitu volume kendaraan tidak lagi padat. "Jadi kita bergantung pada antrean kendaraan dari Bogor dan di titik wisata. Kalau ekor sudah sampai pos 2 cepu atau ada kepadatan di akses menuju tempat wisata, segera dilakukan penutupan di bundaran Lampu Gentur," tuturnya.

Menurutnya, rekayasa lalu lintas dilakukan untuk mencegah terjadinya stuck seperti akhir pekan kemarin. "Untuk yang ke Jakarta, kita alihkan ke jalur alternatif Jonggol dan Sukabumi," ucap Meilawaty.

Kapolres Cianjur AKBP Moch Rifai mengatakan pihaknya menyiagakan 73 orang personel untuk melakukan rekayasa lalu lintas di jalur puncak. "Yang disiagakan di jalur utama 73 orang, ditambah anggota yang ditempatkan di persimpangan menuju destinasi wisata. Kami upayakan agar di momen libur panjang pekan ini tidak terjadi kepadatan arus kendaraan seperti pekan kemarin," ujar Rifai.

Tonton video 'Sore Ini One Way Arah Puncak-Jakarta Kembali Diberlakukan':

[Gambas:Video 20detik]



(bbn/bbn)