ADVERTISEMENT

Persiapan KBM Tatap Muka, Sejumlah Guru di Ciamis Jalani Swab Test

Dadang Hermansyah - detikNews
Selasa, 18 Agu 2020 15:23 WIB
Persiapan KBM tatap muka, guru di Ciamis mulai jalani swab test
Persiapan KBM tatap muka, guru di Ciamis mulai jalani swab test (Foto: Dadang Hermansyah)
Ciamis -

Persiapan untuk pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka. Sebagian guru SD/MI di Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mulai menjalani swab test atau tes PCR.

Pengambilan sampel tes PCR dilaksanakan di Puskesmas Ciamis, Selasa (18/8/2020). Dalam kesempatan ini ada 24 guru yang menjalani swab test. Hasilnya akan diketahui beberapa hari mendatang. Selain di Puskesmas Ciamis, swab tes untuk guru juga dilaksanakan di Puskesmas Sadananya.

"Kegiatan swab test untuk para guru ini dalam rangka persiapan KBM tatap muka di Ciamis. Pelaksanaannya bertahap, tergantung kemampuan logistik. Sekaligus untuk menilai potensi ancaman penyebaran COVID-19," ujar Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Ciamis Bayu Yudiawan.

Bayu menjelaskan pemeriksaan dilakukan secara random, namun prioritas adalah guru yang mengajar di tingkat bawah seperti kelas 1. Karena anak-anak termasuk rentan tertular COVID-19.

"Jadwal pelaksanaan tes disusun, sebagian sudah ada yang mulai. Jadi setiap ada logistik (alat untuk mengambil sampel lendir) akan langsung dilakukan tes. Para guru masuk dalam bagian tes masif," jelas Bayu.

Bayu menjelaskan hasil tes ini kemungkinan bisa cepat. Mesin PCR di RSUD Ciamis bisa segera digunakan yang saat ini sudah ada nomor registrasi dalam proses izin operasinya dan legalitas.

Tes PCR ini difasilitasi dari APBD Ciamis. Sehingga para guru tak perlu khawatir, karena tes ini gratis. Saat ini ada yang berpikir swab test untuk guru harus dari biaya sendiri.

"Guru itu masuk dalam tes masif jadi dari APBD. Hanya saja memang logistik terbatas jadi dilaksanakan bertahap," ucap Bayu.

Untuk pelaksanaan KBM tatap muka di sekolah, Bayu mengatakan keputusan ada di Dinas Pendidikan. Pihak Gugus Tugas melakukan pemantauan dan rekomendasi. Sampai saat ini Ciamis masih zona kuning.

"Targetnya kami secepatnya KBM tatap muka di Ciamis bisa segera dilaksanakan. Tapi tentunya ada tahapan-tahapannya. Sekolah permohonan ke Disdik lalu ke Gugus Tugas, kemudian kami survei persiapannya terutama protokol kesehatan," katanya.

Dari target semula Agustus lalu, Ciamis kemungkinan akan melaksanakan KBM tatap muka di bulan September mendatang. Namun menurut Bayu, hal itu melihat situasi dan kondisi zonasi.

"Sebelum KBM dilaksanakan akan dilaksanakan simulasi terlebih dulu. Selain itu pertimbangan dari orang tua dan rapat komite diperhatikan dalam pelaksanaannya. Jika orang tua tidak mengizinkan anaknya KBM tatap muka, maka bisa saja daring masih berlaku," pungkasnya.

(mud/mud)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT