Libur Panjang, Polisi Fokus Amankan Tempat Wisata di Kuningan

Bima Bagaskara - detikNews
Rabu, 19 Agu 2020 20:15 WIB
Wisata Waduk Darma Kuningan, Jabar
Wisata Waduk Darma Kuningan (Foto: Bima Bagaskara/detikTravel).
Kuningan -

Jelang libur panjang akhir pekan ini, Kabupaten Kuningan diprediksi akan dipadati oleh wisatawan baik lokal maupun yang berasal dari luar daerah.

Kasatlantas Polres Kuningan AKP Rizki Syawaludin memprediksi puncak kepadatan libur panjang kali ini terjadi pada Sabtu (22/8/2020) mendatang.

"Kalau prediksi puncak kepadatan hari Sabtu, tapi tidak menutup kemungkinan mulai Jumat juga sudah padat masyarakat yang berwisata," kata Rizki kepada detikcom Rabu (19/8/2020).

Rizki juga menjelaskan pihaknya fokus melakukan pengamanan di jalur-jalur wisata seperti Palutungan dan Waduk Darma. Selain itu jalur utama mulai dari Cilimus hingga dalam kota Kuningan juga akan menjadi perhatian.

Ia juga mengatakan telah menyiapkan CB (cara bertindak) jika terjadi kepadatan yang signifikan di libur panjang kali ini serta mengerahkan seluruh personel hingga tingkat Polsek.

"Kalau cara bertindak sudah disiapkan, kita fokus pengamanan di tempat wisata dan jalur-jalur utama seperti dalam kota Kuningan dan di Cilimus," lanjutnya.

Untuk personel sendiri ada sekitar 200 personel gabungan yang terdiri dari TNI Polri, Dinas Perhubungan dan Satpol PP yang telah disiapkan untuk melakukan pengamanan.

(mso/mso)