Kantor Disdik Jabar Lockdown karena COVID-19, Kadisdik: Tak Ada Penutupan

Yudha Maulana - detikNews
Rabu, 19 Agu 2020 13:44 WIB
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jabar Dedi Sopandi.
Kadisdik Jabar Dedi Supandi (Foto: Mukhlis Dinillah/detikcom).
Bandung -

Beredar kabar puluhan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Dinas Pendidikan Jawa Barat (Disdik Jabar) terkonfirmasi positif COVID-19. Disebutkan pula, akibat temuan kasus tersebut Kantor Disdik Jabar ditutup sementara atau lockdown.

Saat dikonfirmasi, Kadisdik Jabar Dedi Supandi membantah kabar tersebut. Menurutnya, saat ini Kantor Disdik Jabar masih dibuka dan kegiatan berlangsung normal.

"Saya sempat membaca di salah satu media, di sana ditulis bahwa terjadi penutupan kantor Disdik karena kasus positif, padahal tidak ada penutupan kantor. Posisi saya saja sekarang di kantor," kata Dedi saat dihubungi, Rabu (19/8/2020).

Ia mengatakan, memang pada 11 Agustus kemarin dilaksanakan tes swab bagi seluruh pegawai di Disdik Jabar sekaligus pejabat struktural di lingkungan 13 Kantor Cabang Disdik (KCD). "Dari 497 hanya 5 persen yang positif, itu sudah kita berikan pilihan isolasi mandiri atau di BPSDM, sementara kontak tracing terus kita lakukan," ucapnya.

Dari sekitar 20-an pegawai yang positif, ucap Dedi, tidak seluruhnya berasal dari kantor pusat Disdik Jabar. Tetapi tersebar di sejumlah KCD, salah satunya di KCD Cianjur.

Pihaknya pun saat ini telah melakukan pemeriksaan swab kepada kontak erat dari 5 persen pegawai yang terpapar corona tersebut. Di samping itu, sejumlah kontak erat telah melakukan tes swab mandiri dan hasilnya pun negatif.

"Saya tidak bisa sebutkan rinciannya, tapi dari yang positif itu kita sudah lakukan swab lanjutan, hasil CT-nya di atas 37, dan kemarin sudah kita lakukan lagi swab bagi yang 5 persen itu dan hasilnya negatif. Tinggal tersisa sekitar 8 orang lagi yang belum dites swab," ujarnya.

"Sampai dengan hari ini, tinggal 8 orang. kalau dites swab hari ini, bisa berkurang lagi (kasus positifnya)," imbuh Dedi.

(yum/mso)