12 Bayi Lahir Bertepatan Hari Kemerdekaan RI di RS Bersalin Cirebon

Sudirman Wamad - detikNews
Selasa, 18 Agu 2020 22:41 WIB
Bayi di Cirebon Lahir Tepat Hari Kemerdekaan
12 bayi lahir bertepatan Hari Kemerdekaan RI di RSIA Cahaya Bunda Kota Cirebon. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon -

Sebanyak 12 bayi lahir tepat pada Hari Kemerdekaan ke-75 RI atau 17 Agustus 2020 di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Cahaya Bunda Kota Cirebon, Jawa Barat. Dari 12 bayi itu, delapan di antaranya lelaki.

"Kemarin jumlahnya 12 bayi. Delapan laki-laki, empat perempuan. Semuanya melalui operasi caesar," kata dokter spesialis kandungan dan pemilik RSIA Cahaya Bunda Kota Cirebon Yasmin Darmawan kepada detikcom, Selasa (18/8/2020).

Yasmin menerangkan pasien yang melahirkan pada 17 Agustus atau bertepatan dengan Hari Kemerdekaan RI itu mayoritas memiliki riwayat operasi caesar. Hanya empat pasien yang tak memiliki riwayat caesar.

"Ada yang memiliki tumor rahim, kemudian karena posisi bayinya sungsang, ada juga yang ingin disterilkan. Sehingga mereka memilih sesar," kata Yasmin.

Yasmin menegaskan 12 pasien yang melahirkan pada Hari Kemerdekaan itu usia kandungan sudah memenuhi kriteria secara medis untuk menjalani operasi sesar. Beberapa pasien sengaja memilih tanggal cantik, seperti Hari Kemerdekaan untuk melahirkan.

"Yang melahirkan pada tanggal tertentu dipastikan sudah memenuhi kriteria. Usia kandungannya sudah matang antara 37 sampai 40 pekan," ucap Yasmin.

(bbn/bbn)