Menengok Keseruan Komunitas Sepeda Ontel di Bandung Rayakan HUT RI ke-75

Siti Fatimah - detikNews
Senin, 17 Agu 2020 17:11 WIB
Paguyuban Sapeda Baheula Bandoeng.
Foto: Siti Fatimah
Bandung -

Hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 rasanya tak lengkap jika tidak mengenang kejadian di masa lampau. Sama halnya dengan kendaraan tua di masa dulu yaitu sepeda ontel.

Sepeda ontel ini merupakan sepeda tua yang digunakan pada zaman Hindia Belanda hingga tahun 1970-an dengan ukuran 28 inci.

Salah satu komunitas sepeda ontel yang turut memeriahkan hari kemerdekaan yaitu Paguyuban Sapedah Baheula Bandoeng (PSBB). Puluhan sepeda antik ini berjajar di sekitar Alun-alun Kota Bandung atau Jalan Asia Afrika dengan pengendara yang menggunakan pakaian ala zaman Belanda seperti pangsi dan seragam pejuang.

Ketua komunitas Paguyuban Sapedah Baheula Bandoeng Romli mengatakan kegiatannya hari ini merupakan bentuk inisiatif para anggora untuk memeriahkan hari kemerdekaan dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan.

"Rasa memiliki teman-teman dimomen Agustusan ini ya, spontanitas sebetulnya, meskipun memang pemerintah tidak menganjurkan untuk kumpul ya, cuman ya kita ga bisa menahan. Rasa nasionalis teman-teman ya, cuman tetap protokol kesehatan kita pakai," kata Romli kepada wartawan di Alun-alun Bandung, Senin (17/8/2020).

Dia mengatakan, iring-iringan tersebut dilakukan sejak pagi dengan titik di Alun-alun Bandung kemudian ke Jalan Braga, Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Merdeka, Jalan Kosambi dan Jalan Lingkar Selatan.

Selain dilakukan pada momen tertentu, Romli mengatakan, komunitas ini setiap Minggu berkumpul di Taman vanda sebagai ajang silaturahmi, jual beli atau diskusi soal sepeda. Dia mengatakan, komunitas sepeda ontel termasuk satu-satunya di Kota Bandung dan sudah eksis sejak 15 tahun yang lalu.

"Kita berdiri 31 Januari 2005 jadi usia kita sudah 15 tahun Alhamdulillah komunitas tertua dan terbanyak dengan anggota 1.040 orang terdaftar," ujarnya.

Simak juga video 'Bertelanjang Kaki, Anak Jalanan di Sulsel Gelar Upacara HUT RI':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)