100 Relawan Sudah Disuntik Vaksin Corona Sinovac di Bandung

Wisma Putra - detikNews
Sabtu, 15 Agu 2020 10:10 WIB
Simulasi uji klinis vaksin COVID-19 digelar di Kota Bandung. Simulasi uji klinis itu digelar untuk gambarkan alur pemberian vaksin virus Corona tersebut.
Ilustrasi penyuntikan vaksin Corona Sinovac. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung -

Uji klinis fase tiga vaksin Corona Sinovac sudah masuk pada tahap penyuntikan Visit 1 (V1) kepada relawan di empat puskemas Kota Bandung. Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan setelah melewati tahap Visit 0 (V0) para relawan langsung menjalani penyuntikan vaksin V1.

"V0 sudah swab, V1 sudah di lakukan serentak di lima tempat, masing-masing 20, jadi sudah 100 relawan yang diimunisasi vaksin ini," kata Yana di SMA 5 Bandung, Sabtu (15/8/2020).

Tonton juga 'Perbedaan Vaksin Sinovac dan 'Merah Putih'':

[Gambas:Video 20detik]

Lima tempat yang dimaksud Yana yakni Puskesmas Dago, Ciumbuleuit, Sukaparkir dan Garuda, ditambah rumah sakit milik Unpad. Usai memantau langsung ke Puskesmas Garuda, Yana menyebut, tidak ada keluhan yang dirasakan relawan usai menjalani penyuntikan.

"Saya memantau yang di Garuda, alhamdulillah berjalan baik. Karena prosedurnya jelas dan alhamdulillah dari 20 relawan itu enggak ada (keluhan)," katanya.

100 relawan yang sudah menjalani tahap V0 dan V1, akan kembali menjalani penyuntikan V2 dua pekan mendatang. "V0 sudah, V1 juga, dua Minggu kemudian V2, dua Minggu kemudian lagu V3 dan enam bulan kemudian V6," tuturnya.

"Itu final, kalau hasilnya baik semua se Indonesia (disalurkan)," ucap Yana menambahkan.

(bbn/bbn)