PSBB Bodebek, Ridwan Kamil Pertimbangkan Kembali Memperpanjangnya

Yudha Maulana - detikNews
Jumat, 14 Agu 2020 12:09 WIB
Ridwan Kamil
Foto: Yudha Maulana
Bandung -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkap kemungkinan besar memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk wilayah Bodebek. Sebab PSBB transisi yang diterapkan oleh Pemprov DKI Jakarta diperpanjang hingga 27 Agustus.

Sedianya PSBB Bodebek yang meliputi Kota/Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota/Kabupaten Bekasi akan berakhir pada 16 Agustus mendatang.

Namun sejak dari awal Pemprov Jabar berkomitmen mengikuti kebijakan dari PemprovDKI Jakarta, terkait lima daerah di Jabar yang bersinggungan dengan episentrumCOVID-19 tersebut.

"Iya secara umum kita ikuti DKI Jakarta untuk Bodebek, kemungkinan besar (diperpanjang) sekarang sedang kita bahas," ujar Ridwan Kamil di Gedung DPRD Jabar, Jumat (14/8/2020).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan perpanjangan PSBB transisi ini akan dimulai pada 14 Agustus hingga 27 Agustus 2020. Ini merupakan perpanjangan PSBB transisi keempat yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta.

"Dengan mempertimbangkan segala kondisi, setelah kami berkonsultasi dengan pakar kesehatan khususnya epidemiolog, dan berkoordinasi dengan jajaran Forkopimda pada sore tadi, kami memutuskan untuk kembali memperpanjang PSBB Masa Transisi di fase pertama ini untuk keempat kalinya hingga tanggal 27 Agustus 2020," ujar keterangan tertulis, Kamis (13/8/2020).

Anies mengatakan angka positivity rate di Jakarta selama satu minggu ini sebesar 8,7 persen. Namun, kata Anies, apabila diakumulasi, angkanya berada pada 5,7 persen. Angka tersebut masih di atas standar aman WHO, yakni 5 persen.

Saat ini, kata Anies, ada 27.863 kasus positif di DKI Jakarta.

(yum/ern)