Sempat Macet Parah, Arus Lalin di Tol Padaleunyi Berangsur Lancar

Muhammad Iqbal - detikNews
Rabu, 12 Agu 2020 21:55 WIB
Kemacetan di Tol Padaleunyi mulai lancar.
Arus kendaraan di Tol Padaleunyi mulai lancar (Foto: Muhammad Iqbal/detikcom).
Bandung -

Kemacetan imbas banjir yang terjadi di Jalan Tol Padaleunyi KM 130 Jalur A mulai berangsur lancar. Namun genangan air di lokasi tersebut belum surut seluruhnya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, Rabu (12/8/2020) sekitar pukul 21.00 WIB, sejumlah kendaraan yang akan melalui jalur Km 130 Tol Padaleunyi dari Jakarta menuju Cileunyi mulai lancar. Tidak terlihat kendaraan yang mengular panjang seperti kejadian tadi sore.

Sebelumnya, pihak PT Jasa Marga pun telah melakukan beberapa langkah untuk mengurangi intensitas air yang menggenangi badan. Selain itu upaya untuk mengurai kemacetan juga trus dilakukan.

Di antaranya, melakukan rekayasa jalan, di mana arus kendaraan yang akan menuju Cileunyi dialihkan agar keluar melalui pintu Tol Paster. Setelah keluar dari pintu Tol Pasteur, kendaraan akan diarahkan menuju pintu masuk Tol Pasir Koja.

"Yang menuju ke arah Cileunyi kami alihkan keluar di Gerbang Tol Pasteur, setelah itu bisa masuk lagi ke gerbang Tol Pasir Koja untuk menghindari lokasi genangan," ujar Corporate Communications and Community Development Group Head PT Jasa Marga Dwimawan Heru via rilis video yang diterima detikcom, Rabu malam.

Selain itu, pihaknya pun terus melakukan penyedotan air menggunakan pompa air. Air yang dipompa dimasukkan ke dalam sebuah tanggul darurat yang dikeruk menggunakan ekskavator.

"Selain melakukan rekayasa lalu lintas kami juga saat ini sedang melakukan pemompaan untuk mengurangi debit air yang masuk. Dan dengan pembuatan tanggul darurat yang menggunakan ekskavator," katanya.

Meski arus kendaraan sudah lancar, genangan air masih terlihat di jalur satu dan bahu jalan. Sementara jalur dua dan tiga sudah dapat dilalui semua golongan kendaraan. Selain itu, petugas Jasa Marga dan sejumlah petugas kepolisian masih terlihat siaga di lokasi.

Sebelumnya, pihak Jasa Marga menjelaskan penyebab terjadinya genangan air tersebut. Pihaknya menyebutkan bahwa genangan tersebut terjadi akibat tersumbatnya saluran air imbas pegerjaan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung oleh PT. KCIC.

(mso/mso)