4 Bulan Tak Beroperasi, KA Argo Cheribon Kembali Angkut Penumpang

Sudirman Wamad - detikNews
Rabu, 12 Agu 2020 12:58 WIB
KA Argo Cheribon
KA Argo Cheribon (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon -

PT KAI Daop 3 Cirebon kembali mengoperasikan KA Argo Cheribon. Sebelumnya, KA Argo Cheribon sempat berhenti operasi selama empat bulan, yakni sejak April lalu karena pandemi Corona.

"KA Argo Cheribon mulai beroperasi pada 14 Agustus. Kami jalankan KA Argo Cheribon ini karena minat masyarakat menggunakan KA mulai meningkat," kata Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon Luqman Arif saat berbincang dengan detikcom di Stasiun Cirebon, Kota Cirebon, Jawa Barat, Rabu (12/8/2020).

Luqman mengatakan KA Argo Cheribon hanya melayani perjalanan dari Stasiun Tegal-Cirebon-Gambir dengan sistem pulang-pergi. Sebagai tahapan awal, perjalanan KA Argo Cheribon hanya melayani selama empat hari dari 14 Agustus hingga 17 Agustus.

"Ada dua KA yang dioperasikan. Ini untuk mengantisipasi peningkatan penumpang saat libur panjang akhir pekan nanti. Nanti kita juga akan evaluasi pengoperasiannya, ya menyesuaikan perkembangan," tutur Luqman.

Luqman mengaku telah menyurvei masyarakat sebelum mengoperasikan KA Argo Cheribon. Dari hasil survei itu banyak penumpang KA yang menginginkan KA Argo Cheribon dioperasikan pada sore hari.

Kedua KA Argo Cheribon itu berangkat dari Stasiun Cirebon sekitar pukul 16.47 WIB. Sementara itu, keberangkatan dari Stasiun Gambir sekitar pukul 19.10 WIB.

"Kita tetap menerapkan protokol kesehatan. Ya penumpang tetap harus lampirkan hasil rapid test," ucapnya.

Luqman menjelaskan adanya peningkatan jumlah penumpang selama bulan Juli. Selama bulan Juli PT KAI Daop 3 Cirebon melayani 10.272 penumpang. "Jumlah penumpang naik sekitar 145 persen dibandingkan Juni, ini data bulan Juli. Juni lalu jumlah penumpang mencapai 4.184 orang. Kenaikan ini menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan KAI yang dapat diandalkan di tengah pandemi," ujar Luqman.

(bbn/bbn)