Tabrakan Maut di Cipali Tewaskan 8 Orang, Sopir-Bos Travel Jadi Tersangka

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 12 Agu 2020 09:09 WIB
Lokasi Kecelakaan Elf Vs Minibus di Tol Cipali
Lokasi tabrakan maut di Cipali (Foto: istimewa)
Bandung -

Polisi menaikkan status penyelidikan ke penyidikan dalam insiden tabrakan maut di Tol Cipali yang mengakibatkan delapan orang tewas. Dua orang ditetapkan sebagai tersangka.

"Tersangka dalam kasus ini adalah pengemudi dan pemilik travel," ucap Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Saptono Erlangga Waskitoroso via pesan singkat, Rabu (12/8/2020).

Dua tersangka tersebut yakni pengemudi travel minibus elf dan pemilik travel. Pengemudi dikenakan Pasal 310 sedangkan pemilik travel dikenakan Pasal 315 Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Erlangga mengatakan dengan naiknya status ke penyidikan, polisi telah memeriksa saksi, membuat simulasi kejadian dan akan melakukan penyelidikan terhadap pemilik travel. Domisili travel tersebut diketahui berada di Jatibarang, Brebes, Jawa Tengah.

"Kita juga melakukan pemeriksaan terhadap Dishub Brebes yang melakukan uji KIR dan memberikan rekomendasi terkait sarpras jalan," tuturnya.

Menurut Erlangga, berdasarkan hasil pemeriksaan, travel tersebut diketahui milik perorangan. Pemilik punya lima unit armada travel.

"Tiga unit sudah pelat kuning atau sudah memiliki trayek dan dua unit masih pelat hitam atau belum punya izin trayek," kata dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, delapan orang meregang nyawa akibat kecelakaan di KM 184.300 Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Kecelakaan maut itu melibatkan dua kendaraan yakni elf dan minibus jenis Toyota Rush.

Polisi menduga kecelakaan maut itu disebabkan karena sopir elf mengantuk saat memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi. "Ada dua kemungkinan, sopir mengantuk atau karena kecepatan terlalu tinggi. Penyelidikan sedang dilakukan, saya sudah ke TKP," kata Kapolda Jabar Irjen Rudy Sufahriadi kepada awak media di RSUD Arjawinangun Cirebon, Jawa Barat, Senin (10/8).

Tonton video 'Kecelakaan Maut Cipali, Polisi Duga Sopir Elf Ngantuk':

[Gambas:Video 20detik]



(dir/mud)