Walkot Bandung Angkat Bicara soal Lonjakan Kasus Corona

Wisma Putra - detikNews
Selasa, 11 Agu 2020 22:15 WIB
Wali kota bandung oded m danial
Wali Kota Bandung Oded M Danial (Foto: Siti Fatimah/detikcom)
Bandung -

Jumlah kasus Corona atau COVID-19 di Kota Bandung kembali meningkat. Kota Bandung merupakan salah satu daerah terbanyak penyumbang kasus positif COVID-19 setelah Depok, Kota Bekasi, Bogor dan Kabupaten Bekasi dalam sepekan terakhir.

Informasi dihimpun detikcom, Selasa (11/7/2020) malam, dari laman Pusicov Kota Bandung, total positif kumulatif mencapai 545 orang dengan jumlah kasus positif aktif 49 orang, sembuh 452 orang dan meninggal 44 orang.

"Gini, walaupun ada pelonjakan tapi kita masih diposisi terkendali. Reproduksi masih di bawah satu persen," kata Wali Kota Bandung Oded M Danial di Balai Kota Bandung.

Pelaksanaan tes masif kepada warga Kota Bandung ini membuat angka COVID-19 kembali naik. Sebab, Oded menjelaskan, proses pelacakan terus dilakukan pihaknya.

Sekadar diketahui, rapid test sudah dilakukan kepada 35.587 orang atau 1,43 persen penduduk Kota Bandung dan swab test kepada 17.493 orang atau 0,7 persen penduduk Kota Bandung.

"Mudah-mudahan, walaupun ada lonjakan, suatu keniscayaan lonjakan ini, dengan konsistensi pemeriksaan rapid dan swab test dilakukan terus pastikan ada dampaknya," ujar Oded.

Ia berharap dengan ada lonjakan angka kasus Corona ini bisa membuat warga Kota Bandung lebih antisipasi. "Di satu sisi kita akan konsisten lakukan pemeriksaan. Di sisi lain mudah-mudahan ketika terdapat ada lonjakan itulah harapan kita untuk melakukan antisipasi," tutur Oded.

(wip/bbn)