Petugas Gabungan Razia Lapas Kuningan

Bima Bagaskara - detikNews
Selasa, 11 Agu 2020 21:43 WIB
Lapas Kuningan
Petugas gabugan bersiap merazia penghuni Lapas Kuningan. (Foto: Bima Bagaskara/detikcom)
Kuningan -

Petugas gabungan dari Satgas Kamtib UPT Permasyarakatan wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning) dan Kantor Kemenkumhan Jawa Barat menggelar razia di Lapas Kelas II A Kuningan Selasa (11/8/2020) malam. Razia tersebut dilakukan untuk mencari barang-barang terlarang yang dimiliki oleh para narapidana.

Pantauan detikcom, sebelum melakukan razia ini para petugas diberi instruksi langsung dari Kepala Kantor Kemenkumhan Jawa Barat Imam Suyudi. "Ini adalah kegiatan penggeledahan insidental yang dilakukan oleh Satgas Kamtib Kemenkumham Jawa Barat untuk mencari barang-barang terlarang di dalam Lapas Kelas II A Kuningan," kata Imam.

Ia mengungkapkan razia itu tindak lanjut dari penangkapan empat napi Lapas Kelas II A Kuningan yang ditangkap Tim Siber Bareskrim Polri pada Jumat 7 Agustus 2020. Dalam penangkapan itu ditemukan belasan alat komunikasi, sim card dan kartu ATM.

"Sebelumnya ditemukan barang-barang yang tersimpan dan tidak terdeteksi sehingga kita kerahkan seluruh personel di Ciayumajakuning untuk membantu menggeledah," ujar Imam.

Razia ini mulai berlangsung pukul 21.00 WIB. Imam dan Kalapas Kelas II A Kuningan Gumelar Budi Rahayu memantau langsung proses razia.

(bbn/bbn)