Polisi Periksa Kelaikan Kendaraan yang Terlibat Kecelakaan Maut di Cipali

Sudirman Wawad - detikNews
Selasa, 11 Agu 2020 15:30 WIB
Kapolresta Cirebon Kombes Pol M Syahduddi
Kapolresta Cirebon Kombes Pol M Syahduddi (Foto: Sudirman Wawad/detikcom).
Cirebon -

Polisi bekerja sama dengan sejumlah pihak untuk melakukan pemeriksaan terkait kelaikan elf dan minibus yang terlibat kecelakaan maut di KM 184.300 Tol Cipali, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Polisi juga saat ini telah meningkatkan status dari penyelidikan menjadi penyidikan tentang kecelakaan maut yang mengakibatkan delapan penumpang elf meregang nyawa. Kapolresta Cirebon Kombes Pol M Syahduddi mengaku berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Brebes untuk memeriksa kondisi elf tersebut.

"Kita juga berkoordinasi dengan Agen Pemegang Merk (APM) kedua kendaraan yang terlibat kecelakaan. Nanti kita uji dan meneliti kelaikan kendaraan yang terlibat," kata Syahduddi seusai menengok korban selamat di RS Mitra Plumbon Cirebon, Jawa Barat, Selasa (11/8/2020).

Selain memeriksa kondisi kedua kendaraan, petugas juga memeriksa sejumlah saksi yang selamat dari kecelakaan maut itu. "Hasil dari penelitian dari tim bisa diketahui besok," katanya.

Diberitakan sebelumnya, delapan orang meregang nyawa akibat kecelakaan di KM 184.300 Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Kecelakaan maut itu melibatkan dua kendaraan yakni elf dan minibus jenis Toyota Rush.

Pihak kepolisian menduga kecelakaan maut itu disebabkan karena sopir elf mengantuk saat memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi. "Ada dua kemungkinan, sopir mengantuk atau karena kecepatan terlalu tinggi. Penyelidikan sedang dilakukan, saya sudah ke TKP," kata Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi kepada awak media di RSUD Arjawinangun Cirebon, Jawa Barat, Senin (10/8/2020).

Sebanyak 15 orang mengalami luka. Korban yang tewas dievakuasi di RSUD Arjawinangun Cirebon. Sementara itu, korban selama langsung dilarikan ke RS Mitra Plumbon Cirebon. Sejak kemarin, belasan korban selamat menjalani perawatan.

(mso/mso)