Bawaslu Pandeglang Selidiki Video Camat Minta Warga Dukung Petahana

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Selasa, 11 Agu 2020 14:13 WIB
Irna Narulita (Foto: Bahtiar/detikcom)
Bupati Pandeglang Irna Narulita (Foto: Bahtiar/detikcom)
Pandeglang -

Bawaslu Pandeglang melakukan penyelidikan terkait beredarnya video Camat Cigeulis Subro Mulisi yang meminta warga untuk mendukung petahana Irna Narulita di Pilkada 2020. Video berisi dukungan itu tersebar di media sosial.

"Yang Camat Cigeulis, Bawaslu sedang investigasi untuk penelusuran informasi awal yang beredar di media sosial, dalam satu dua hari ini sedang mengumpulkan, melengkapi atas beredarnya video itu," kata Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Pandeglang Karsono saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (11/8/2020).

Tim katanya masih melakukan konfirmasi ke beberapa orang yang hadir di pertemuan antara Camat Subro Mulisi dan orang yang ada di video. Bawaslu akan melakukan penindakan jika ada dugaan pelanggaran PIlkada karena yang bersangkutan merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Kalau hasil investigasi kita itu melanggar ada dugaan melanggar netralias ASN akan kita proses sesuai dengan peraturan perundang-undangan," ujarnya.

Dalam video yang dilihat detikcom, seruan dukungan diduga oleh Camat Cigeulis Subro Mulilsi dilakukan di Kantor Desa Tarumanegara saat pemberian bantuan langsung tunai dana desa. Ini terlihat dari spanduk yang tertera di belakang camat.

Seruan dukungan disampaikan kepada ibu-ibu dalam sebuah ruangan. Ada dua orang yang mendampingi saat camat melakukan seruan dukungan ke calon petahana Irna Narulita.

Berikut isi percakapan berbahasa Sunda dari video yang beredar di media sosial:

Eta ibu Irna iye nyalon jadi bupati dei ieu kaum ibu nyah, satuju henteu?
Ibu Irna eta istri ta pameget? ibu-ibu?
Bungah teu, bangga teu, bungah te aya pemimpin ti kelompok ibu? Didukung moal? Piraku calon na geh awewe ibu-ibu sebagai awewe teu bangga, kan asana rada mahiwa nyah.

Insya Allah anjeuna enjing bade pamit, nyah. Tina tugasnya sudah selesai, sareng bade nyuheunkeun doa restuna ka warga masyarakat Tarumanegara, wabil khusus jamaah pangaosan. Karena anjeuna gaduh rencana engkin dina sasih Desember tanggal 9 bade aya pemilihan bupati. Anjeuna bade nyalon dei nyuhunkeun doa restu ka urang sadayana. Atuh hatur nuhun lamun didukung didoakeun ku sadayana, mudah-mudahan anjeuna supaya niat na terkabul. Amin ya robbal alamin. Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan.

Ibu Irna (Narulita) akan mencalonkan diri lagi sebagai bupati, setuju?
Ibu Irna lelaki atau ibu-ibu?
Bangga dan terkesan tidak memiliki pemimpiin dari kelompok perempuan? didukung tidak? Masa ada calon dari kelompok ibu-ibu tidak bangga.

Insya Allah beliau akan pamit. Tugasnya sudah selesai dan meminta dukungan warga Tarumanegara, khususnya ke jamaah pengajian. Karena beliauu punya rencana, nanti di bulan Desember tanggal 9 akan mencalonkan diri sebagai bupati. Akan mencalonkan kembali dan meminta doa restu mudah-mudahan niatnya terkabul.

(bri/mud)