Ini Lokasi Tabrakan Maut yang Tewaskan 8 Orang di Cipali Via Google Maps

Baban Gandapurnama, Sudirman Wamad - detikNews
Senin, 10 Agu 2020 14:59 WIB
Lokasi Kecelakaan Elf Vs Minibus di Tol Cipali
Lokasi kecelakaan elf vs minibus di Tol Cipali atau tepatnya di KM 184.300. (Foto: istimewa)
Cirebon -

Kecelakaan maut terjadi di KM 184 Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Akibat kejadian itu delapan orang tewas.

detikcom menelusuri titik kecelakaan via Google Maps. Gambar jalur Tol Cipali di KM 184 yang ditampilkan peta digital ini diabadikan pihak Google pada Oktober 2019.

Titik kecelakaan maut yang melibatkan dua kendaraan, yakni elf nomor polisi D-7013-AN dan minibus jenis Toyota Rush nomor polisi B-2918-PKL itu di antara KM 184.400 dan 184.200. Polisi menyebut kecelakaan itu terjadi di KM 184.300.

Lokasi Kecelakaan Elf Vs Minibus di Tol CipaliLokasi kecelakaan elf vs minibus di Tol Cipali atau tepatnya di KM 184.300. (Foto: istimewa)

Lokasi Tabrakan Elf Vs Minibus di Tol Cipali Via Google MapsLokasi tabrakan elf vs minibus di KM 184 Tol Cipali via Google Maps. (Foto: Tangkapan layar Google Maps)

detikcom mencocokkan foto hasil tangkapan layar Google Maps di titik kecelakaan, tepatnya jalur arah Jakarta Tol Cipali, dengan foto pascakejadian kecelakaan yang dimiliki polisi. Dalam foto yang diterima detikcom itu, terlihat sejumlah petugas tengah membersihkan puing-puing kecelakaan.

Ada beberapa kesamaan yang terlihat dalam antara foto hasil tangkapan layar ini dan petugas yang tengah membersihkan puing kecelakaan. Salah satunya yang identik ialah 'motif' tambalan aspal jalan di titik kecelakaan maut tersebut.

Kecelakaan terjadi 2020, sedangkan gambar jalur Tol Cipali di titik tabrakan itu diambil Google pada Oktober 2019. Jelas sekali ada perbedaan pohon sebelum dan sesudah tumbuh rindang di tepi pembatas jalan di kedua foto tersebut.

Lokasi Kecelakaan Elf Vs Minibus di Tol CipaliLokasi kecelakaan elf vs minibus di Tol Cipali di KM 184.300. (Foto: istimewa)
Lokasi Tabrakan Elf Vs Minibus di Tol Cipali Via Google MapsLokasi tabrakan elf vs minibus di KM 184 Tol Cipali via Google Maps. (Foto: Tangkapan layar Google Maps)

Sekadar diketahui, kecelakaan maut yang melibatkan elf dan Toyota Rush itu terjadi sekitar pukul 03.00 WIB. Barang bukti, termasuk dua kendaraan yakni elf dan minibus jenis Toyota Rush sudah diamankan petugas.

"Dugaannya mungkin mengantuk. Karena elf itu belok ke kanan, menyeberang ke jalur sebelah. Ke jalur B (Jateng-Jakarta)," kata Kushariyanto kepada awak media seusai menengok kondisi korban luka di RS Mitra Plumbon Cirebon, Jawa Barat, Senin (10/8/2020).

Awalnya elf berpenumpang 16 orang itu melaju dari arah Jakarta menuju Jateng. Saat di lokasi kejadian, elf tersebut tiba-tiba oleng dan terguling ke jalur seberang, jalur Jateng-Jakarta. Menurut Kushariyanto, elf sempat melayang dan menabrak Toyota Rush yang melaju ke arah Jakarta.

"Perkiraan kita (elf) kecepatan tinggi. Bisa jadi (di atas 100 km/jam). Di Cipali ini kan ada pemisah jalur tol antara A dan B, ya bentuknya cekungan. Karena kecepatan tinggi, otomatis (terkena cekungan) melayang dan menimpa Rush yang menuju Jakarta," kata Kushariyanto.

Semua korban meninggal dunia dievakuasi di RSUD Arjawinangun Cirebon. Sementara itu, belasan korban luka menjalani perawatan di RS Mitra Plumbon Cirebon.

(bbn/bbn)