Ini Dugaan Penyebab Kecelakaan Maut di Tol Cipali yang Tewaskan 8 Orang

Sudirman Wamad - detikNews
Senin, 10 Agu 2020 12:09 WIB
Dirgakkum Korlantas Mabes Polri Brigjen Pol Kushariyanto
Foto: Sudirman Wamad
Cirebon -

Kecelakaan maut yang melibatkan dua kendaraan di KM 184 Tol Cipali mengakibatkan delapan orang tewas. Polisi menduga sopir elf mengantuk.

Dirgakkum Korlantas Mabes Polri Brigjen Pol Kushariyanto mengatakan Polda Jabar dan Polresta Cirebon sudah melakukan olah TKP. Barang bukti, termasuk dua kendaraan yakni elf dan minibus jenis Toyota Rush sudah diamankan petugas.

"Dugaannya mungkin mengantuk. Karena elf itu belok ke kanan, menyeberang ke jalur sebelah. Ke jalur B (Jateng-Jakarta)," kata Kushariyanto kepada awak media seusai menengok kondisi korban luka di RS Mitra Plumbon Cirebon, Jawa Barat, Senin (10/8/2020).

Awalnya elf berpenumpang 16 orang itu melaju dari arah Jakarta menuju Jateng. Saat di lokasi kejadian, elf tersebut tiba-tiba oleng dan terguling ke jalur seberang, jalur Jateng-Jakarta. Menurut Kushariyanto, elf sempat melayang dan menabrak Toyota Rush yang melaju ke arah Jakarta.

"Perkiraan kita (elf) kecepatan tinggi. Bisa jadi (di atas 100 km/jam). Di Cipali ini kan ada pemisah jalur tol antara A dan B, ya bentuknya cekungan. Karena kecepatan tinggi, otomatis (terkena cekungan) melayang dan menimpa Rush yang menuju Jakarta," kata Kushariyanto.

Menurut Kushariyanto, sopir Toyota Rush selamat, hanya mengalami luka. Sedangkan, sopir elf meninggal dunia.

Sebelumnya, Kapolresta Cirebon Kombes Pol M Syahduddi mengatakan kecelakaan lalu lintas itu melibatkan kendaraan elf dengan minibus jenis Toyota Rush sekitar pukul 03.00 WIB.

"Meninggal dunia delapan orang. Luka ringan 14 orang, dan luka berat satu orang," kata Syahduddi dalam keterangan yang diterima detikcom, Senin(10/8/2020).

Tonton juga 'Kecelakaan Maut di Tol Cipali, Polisi Duga Sopir Elf Mengantuk':

[Gambas:Video 20detik]



(ern/ern)