21 Relawan Uji Vaksin Sinovac Jalani Pemeriksaan Kesehatan Hari Ini

Siti Fatimah - detikNews
Senin, 10 Agu 2020 14:27 WIB
Relawan uji klinis Vaksin Sinovac jalani pemeriksaan kesehatan.
Relawan uji klinis Vaksin Sinovac jalani pemeriksaan kesehatan (Foto: Siti Fatimah/detikcom).
Bandung -

Sebanyak 21 orang relawan vaksin Sinovac menjalani pemeriksaan kesehatan lebih awal di Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Universitas Padjadjaran (Unpad).

"Sudah persiapannya ada yang pemeriksaan. Sudah diperiksa swab, ada sekitar 21 orang relawan hari ini di RSP Unpad," kata Juru Bicara Tim Uji Klinis Vaksin COVID-19 Rodman Tarigan saat dihubungi detikcom, Senin (10/8/2020).

Pemeriksaan yang dilakukan oleh tim peneliti ini meliputi pemeriksaan fisik seperti tinggi badan, berat badan, dan dilanjutkan dengan swab test (pemeriksaan usap). Sebelumnya ke 21 orang ini akan dihubungi terlebih dahulu, sehingga saat tiba di lokasi nama masing-masing relawan sudah tertera dalam daftar hadir.

Lebih lanjut, ke 21 orang tersebut akan mendapatkan vaksin Sinovac keesokan harinya di RSP Unpad. Dilanjutkan dengan pengumuman hasil di Biofarma, Kota Bandung.

"Besok tinggal penyuntikan di RSP Unpad. Pencanangannya di sana (Biofarma) pengumuman di sana," tuturnya.

Sementara itu, relawan lain yang sudah terdaftar akan melakukan pemeriksaan rapid dan swab test serentak pada jadwal semula, Selasa (11/8/2020) di enam lokasi uji klinis vaksin.

"Besok rapid dan swab jadi semoga hasilnya negatif dan non reaktif, sehingga bisa di vaksin," ujar Rodman.

Salah satu relawan asal Kopo Kota Bandung, Fadly Barijadi Kusuma (32) mengatakan, mendaftar sebagai relawan pada Minggu (9/8/2020) kemarin. Lalu dia mendapatkan informasi untuk datang dan mengikuti pemeriksaan.

"Saya datang ke sini langsung ditanya namanya udah ada tertera hari ini, daftar bisa dicek fisik dan kesehatan terus dijelasin dari mulai penelitiannya apa aja, kegiatannya apa aja, udah dicek langsung dites swab. Besok datang lagi (ke RSP Unpad)," ujar Fadly saat ditemui usai pemeriksaan.

Setelah menjalani pemeriksaan hari ini dan imunisasi vaksin besok, tim peneliti mengatakan kepadanya untuk datang lagi di dua minggu kemudian. "Besok datang lagi. Nah setelah kunjungan besok, dua Minggu kemudian datang lagi," ujarnya.

(mso/mso)