Mau Gelar Lomba Agustusan Saat Pandemi? Ini Anjuran Walkot Serang

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Jumat, 07 Agu 2020 18:02 WIB
Lomba  balap karung
Ilustrasi lomba balap karung saat agustusan. (Foto: detik)
Serang -

Warga Kota Serang yang akan menyelenggarakan atau menyemarakkan HUT Republik Indonesia pada 17 Agustus dengan lomba-lomba sebaiknya mengikuti protokol kesehatan. Wali Kota Serang Syafrudin memberi imbauan agar taat dan tentunya bebas penyebaran virus.

"Dalam rangka proklamasi kemerdekaan, masyarakat boleh melaksanakan kegiatan bisanya tapi dengan kondisi saat ini pandemi COVID-19 masyarakat harus jaga diri. Terutama memperketat protokol kesehatan jaga jarak sehingga kegiatan itu bisa dilaksanakan," ujar Syafrudin, Jumat (7/8/20200).

Dia tak menyebut khusus apakah ada sanksi bagi yang melanggar protokol kesehatan. Ia serahkan seluruhnya ke masing-masing penyelenggara kegiatan. Untuk yang tidak bisa memenuhi protokol, seharusnya memang tak perlu ada kegiatan yang mengundang keramaian.

"Sebenarnya harus ada sanksi masing-masing panitia pelaksana di kampungnya. Apabila tidak melaksanakan protokol kesehatan, tidak boleh mengadakan kegiatan," ujar Syafrudin.

Pemkot Serang sejauh ini belum mengatur soal pelanggaran protokol kesehatan, baik itu yang tak gunakan masker atau kumpul-kumpul di keramaian. Syafrudin menyebut penyebaran virus di wilayahnya masih belum ada peningkatan dan belum bisa kena sanksi, termasuk denda.

"(Sanksi) denda belum, kalau sekarang masih berkurang dan masih belum bisa," ujar Syafrudin.

(bri/bbn)