Jalani Swab Test, Empat PNS Cimahi Positif COVID-19

Whisnu Pradana - detikNews
Jumat, 07 Agu 2020 11:24 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Cimahi -

Empat orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan kantor Pemkot Cimahi terkonfirmasi positif COVID-19 hasil swab test.

Keempat PNS tersebut terkonfirmasi positif COVID-19 setelah menjalani swab test sejak Senin (3/8/2020) hingga Kamis (6/8/2020). Total ada 1800-an PNS yang menjalani swab test dengan target 1900-an PNS.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi Pratiwi mengatakan empat PNS terkonfirmasi positif itu berdinas di SKPD lingkungan Pemkot Cimahi dan di kelurahan. Dari PNS itu, dua orang merupakan warga Cimahi dan dua orang dari luar Cimahi.

"Hasil swab test PNS ada empat yang positif COVID-19. Tiga PNS dinas di Kantor Pemkot Cimahi dan seorang di kelurahan. Dua warga Cimahi dan dua orang lagi luar Cimahi," ungkap Pratiwi saat ditemui, Jumat (7/8/2020).

Saat ini, PNS yang terkonfirmasi positif tersebut sudah diisolasi di RSUD Cibabat. Semua PNS tersebut masuk kategori Orang Tanpa Gejala (OTG) dan tidak menunjukkan gejala klinis.

"Semua sudah diisolasi di RSUD Cibabat. Mereka juga OTG jadi kondisi kesehatannya sehat. Kenapa isolasi di rumah sakit, kita hindari perluasan kontak erat dan biar memudahkan perawatan. Tapi dengan catatan, selama rumah sakit kosong," katanya.

Pihaknya juga telah melakukan tracing kontak erat dari PNS yang positif COVID-19 tersebut. Saat ini, kontak eratnya sudah menjalani isolasi mandiri.

"Kita sudah lakukan tracing kontak erat di keluarganya, sebagian sudah negatif dan ada sebagian lagi yang masih ditunggu hasilnya," jelasnya.

Berdasarkan penelusuran riwayat kontak sampai akhirnya terkonfirmasi positif, para PNS tersebut sempat melakukan kontak dengan pihak keluarga yang juga positif.

"Jadi ada yang suaminya positif COVID-19 2 bulan lalu, ada juga yang dari pelayanan karena kan seorang PNS itu tugasnya di kelurahan," tandasnya.

Tonton video 'Demi Suket Aman Covid, Warga Pinrang Rela Antre Rapid Test':

[Gambas:Video 20detik]



(mud/mud)