Percepat Pertumbuhan Ekonomi Jabar, BI Gelar Pameran UMKM Ekraf Secara Daring

Siti Fatimah - detikNews
Kamis, 06 Agu 2020 21:45 WIB
Kepala Perwakilan BI Jawa Barat Herawanto
Foto: Siti Fatimah
Bandung -

Pertumbuhan ekonomi Jawa Barat pada triwulan III 2020 minus 5,98 persen. Untuk menggenjot pemulihan ekonomi yang terdampak pandemi di Jawa Barat terus diupayakan, salah satunya dengan gelaran pameran Karya Kreatif Jabar (KKJ) Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ekonomi kreatif (Ekraf). Pameran ini akan berlangsung pada 11-15 Agustus 2020 mendatang.

Sejalan dengan Adaptasi Kebiasan Baru, dan dengan semangat 'Kill the virus, but not the economy', rangkaian KKJ 2020 digelar secara virtual melalui website resmi Karya Kreatif Jawa Barat dan live streaming di berbagai kanal media sosial.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Herawanto mengatakan ke depan potensi dan kontribusi UMKM terhadap perekonomian sangat tinggi. Menurutnya, di Jawa Barat ini memiliki UMKM Ekraf tertinggi se-nusantara.

"Kontribusi saat ini maupun potensi ke depan itu sangat tinggi. Kita mengetahui lebih dari 1,5 juta UMKM di Jabar yang terlibat dalam ekonomi kreatif dan ini jumlah yang paling besar di wilayah nusantara," kata Herawanto di KPW BI Jabar, Jalan Braga Kota Bandung, Kamis (6/8/2020).

Dia mengatakan, perkembangan UMKM Ekraf Jawa Barat dapat memberikan efek multiplier terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Dalam pelaksanaan pameran, nantinya akan menampilkan 60 UMKM terpilih dengan proses transaksi non tunai, didukung oleh enam perbankan, tiga perusahaan Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP), dan tiga marketplace.

"Meskipun KKJ menampilkan pameran produk dan karya UMKM unggulan dan terpilih, namun produk unggulan tersebut merupakan rangkaian proses yang didukung oleh input serta dipasarkan di daerah lain di Indonesia," ujarnya

Selain itu, ada juga fashion show yang akan menampilkan 89 busana dari 11 fashion designer. Secara khusus, pihaknya mengangkat tenun sebagai salah satu karya seni khas Jabar. "Sehingga temanya tahun ini Menenun Asa, Menuju UMKM Tangguh dan Juara," kata Herawanto.

Pameran KKJ ini merupakan upaya memperkenalkan dan mempromosikan produk kreatif premium dari UMKM terseleksi, juga untuk mendukung peningkatan ekspor Ekraf Jawa Barat. Selain pameran produk, ada berbagai jenis webinar dan acara terkait UMKM dan perbankan.

"Untuk itu, kami mengajak masyarakat turut meramaikan dan menyukseskan event KKJ 2020 dengan mengikuti berbagai acara yang diselenggarakan dan membeli produk UMKM yang ditawarkan. Mari kita dukung upaya percepatan pemulihan ekonomi dengan mendukung produk UMKM namun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," pungkasnya.

(ern/ern)