Warga Ciamis Diizinkan Gelar Kemeriahan 17 Agustusan

Dadang Hermansyah - detikNews
Rabu, 05 Agu 2020 15:06 WIB
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya (Foto: Dadang Hermansyah)
Ciamis -

Sudah menjadi tradisi, dalam momen Hari Kemerdekaan Republik Indonesia masyarakat biasa menggelar kegiatan memeriahkan Agustusan. Meski dalam situasi COVID-19, warga Ciamis tetap bisa menggelar berbagai kegiatan kemeriahan Agustusan. Mengingat saat ini sudah masuk dalam adaptasi kebiasaan baru (AKB).

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengizinkan masyarakat Ciamis menggelar kegiatan kemeriahan Agustusan, asalkan menerapkan protokol kesehatan. Kemeriahan yang dilakukan biasanya pawai alegoris di desa-desa, perlombaan Agustusan, dan kegiatan lainnya.

"Kemeriahan Agustusan yang biasa digelar masyarakat boleh dilaksanakan, diizinkan tapi tetap menggunakan protokol kesehatan, terutama dalam memakai masker," ujar Herdiat, Rabu (5/8/2020) di Setda Ciamis.

Herdiat mengimbau pemerintah desa setempat untuk mengingatkan masyarakat yang menggelar kegiatan. Jangan sampai peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ini menimbulkan kasus baru.

"Kalau beraktivitas di luar, yang mau menggelar kegiatan dijaga kedisiplinannya untuk menetapkan protokol kesehatan. Pakai masker, jaga jarak dan wajib cuci tangan," tegasnya.

Di masa Pandemi COVID-19 ini, Pemkab Ciamis akan menggelar upacara hari Kemerdekaan di halaman Pendopo Bupati Ciamis. Upacara dilaksanakan secara terbatas dan disiarkan secara virtual untuk diikuti oleh jajaran pemerintahan Ciamis.

"Upacara dilaksanakan terbatas, perawkilan ASN 10 orang, TNI 10 orang, Polisi 10 orang dan undangan lainnya. Untuk Paskibra juga hanya 3 orang. Pelaksanaannya tidak di Lapang Lokasana tapi di halaman Pendopo," jelas dia.

Pantauan detikcom, saat ini masyarakat Ciamis banyak yang menggelar berbagai lomba dalam rangka memeriahkan agustusan. Seperti kejuaraan bola voli yang digelar oleh karang taruna di Sikuraja, Kelurahan Linggasari Ciamis. Juga beberapa kejuaraan olahraga lainnya di beberapa tempat.

(mud/mud)