Polisi Lacak Akun FB Penyebar Skandal Perselingkuhan Ketua DPRD Indramayu

Sudirman Wawad - detikNews
Selasa, 04 Agu 2020 15:26 WIB
Ilustrasi Google, ilustrasi YouTube, dan ilustrasi Facebook
Ilsutrasi (Foto: Andhika Prasetia/detikcom).
Indramayu -

Ketua DPRD Indramayu Saefudin melalui kuasa hukumnya melaporkan tujuh akun media sosial (medsos) tentang pencemaran nama baik. Ketujuh akun medsos itu diduga menyebarkan fitnah tentang skandal perselingkuhan yang menyeret nama Saefudin dan bakal calon (Balon) Bupati Indramayu dari Partai Golkar, Ami Anggraeni.

Polisi mengaku tengah menyelidiki laporan tersebut. Kapolres Indramayu AKBP Suhermanto mengatakan pihaknya melibatkan tim siber untuk melacak tujuh akun yang dilaporkan Saefudin.

"Ya kita libatkan tim siber dalam penyelidikannya," kata Suhermanto kepada melalui pesan singkat, Selasa (4/8/2020).

Suhermanto menerangkan laporan tentang dugaan pencemaran nama baik terhadap Ketua DPRD Indramayu Saefudin itu dilakukan pada Senin (3/8) kemarin. Ketujuh akun itu diduga melanggar Undang-Undang (UU) Nomor 11/2008 tentang informasi dan transaksi elektronik (ITE).

"Kemarin baru kami terima laporannya," kata Suhermanto.

Sebelumnya, Kuasa Hukum Ketua DPRD Kabupaten Indramayu Mahpudin membenarkan tentang pelaporannya ke polisi. Mahpudin menunjukkan kepada detikcom tentang materi laporan yang dilayangkan ke kepolisian. Dalam materi laporan, ada tujuh akun facebook yang dilaporkan, yakni Afriyanto Qohar, Qzing Sanuri, Didi Karsidi, Syarief Sona Susanto, Sarpan Kidul, Gabus Wong Ebet, dan Rio Zeniro.

"Ada tujuh akun yang kami laporkan. Kejadiannya sekira pukul 20.00 WIB, Kamis (30/7) kemarin melalui viral di medsos," kata Mahpudin saat dihubungi detikcom, Selasa (4/8/2020).

Mahpudin mengatakan ketujuh akun itu diduga melanggar UU Nomor 11/2008 tentang informasi dan transaksi lektronik (ITE), yakni pencemaran nama baik melalui medsos. "Kemarin kami melapor ke polisi. Laporan sudah diterima," ujarnya.

Tonton video 'Ketahuan Selingkuh, Menteri Selandia Baru Dipecat':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)