Pasien Terakhir Sembuh, Ciamis Kini Nihil Kasus Positif COVID-19

Dadang Hermansyah - detikNews
Selasa, 04 Agu 2020 10:54 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono/detikcom).
Ciamisc -

Gugus Tugas COVID-19 Ciamis mengungkapkan, pasien positif terakhir telah dinyatakan negatif Corona pada 2 Agustus 2020 kemarin. Saat ini, Kabupaten Ciamis nihil kasus positif COVID-19.

Sekadar diketahui, jumlah kasus terkonfirmasi positif di Kabupaten Ciamis sebanyak 20 orang. 19 orang di antaranya dinyatakan sembuh dan 1 orang meninggal dunia. Sampai saat ini tak ada lagi jumlah penambahan kasus.

"Alhamdulillah, kasus COVID-19 Ciamis sekarang sembuh semua, 19 sembuh, 1 meninggal, per tanggal 2 Agustus. Kasus lainnya suspect sempat ada 1 orang, tapi hasil pemeriksaan dinyatakan negatif atau discarded. Dalam minggu-minggu ini kasus COVID-19 Ciamis melandai," ucap Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Ciamis Bayu Yudiawan, Selasa (4/8/2020).

Pemkab Ciamis juga akan terus melakukan pengetesan secara masif. Namun pengetesan yang dilakukan Gugus Tugas masih jauh dari standar yang ditetapkan WHO yakni 1 persen. Jumlah penduduk Indonesia 1,4 juta, jumlah warga yang harus dites sebanyak 14.000 orang.

"Ciamis sekarang baru 3.700 pengetesan. Masih jauh dari target atau sekitar 10 ribu lagi. Jadi kita terus melakukan pengetesan," ungkap Bayu.

Guna mencapai target pengetesan COVID-19 dari WHO, Pemkab Ciamis meminta bantuan BNPB dengan mendatangkan Bus Mobile PCR. Juga tak lama lagi Pemkab Ciamis segera mendatangkan mesin PCR.

"Ada 4 sasaran yang akan kami tes, orang yang memiliki gejala klinis, kerumunan dengan risiko tinggi seperti perkantoran layanan publik dan pasar. Tenaga kesehatan juga, karena baru-baru ini ada klaster Nakes. Keempat adalah pendatang dari zona berisiko. Ciamis sekarang nihil jadi harus dipagari supaya tetap zero," ujarnya.

Tonton video 'Haru, Kepulangan Pasien Sembuh Corona Diiringi Nyanyian dari Nakes':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)