Arus Balik Idul Adha, Ribuan Kendaraan Padati Tol Cipularang

Whisnu Pradana - detikNews
Minggu, 02 Agu 2020 20:52 WIB
Kepadatan lalu lintas di Tol Cipularang
Kepadatan lalu lintas di Tol Cipularang (Foto: Whisnu Pradana/detikcom).
Cimahi -

Ruas Jalan Tol Cipularang dari Bandung arah Jakarta mengalami kemacetan cukup panjang pada arus balik mudik Idul Adha 2020 dan libur panjang akhir pekan.

Berdasarkan pantauan, kemacetan mulai terjadi menjelang gerbang Tol Pasteur I hingga KM 100. Barisan kendaraan yang didominasi oleh pelat B melaju perlahan.

Humas Jasa Marga Cabang Purbaleunyi Nandang Elang mengungkapkan kemacetan memang terjadi pada arus balik Idul Adha dan libur panjang akhir pekan.

"Betul info terkini dari KM 124 sampai Interchange (IC) Padalang masih terjadi kepadatan dan KM 100 B terjadi kepadatan juga untuk situasi terkini yang bisa di laporkan," ungkap Nandang saat dihubungi, Minggu (2/8/2020).

Pihaknya juga menerapkan rekayasa lalulintas contraflow mulai dari KM 69 sampai dengan KM 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta.

"Karena volume lalu lintas yang terus meningkat di Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju arah Jakarta saat ini, rekayasa lalu lintas contraflow yang semula diberlakukan di KM 65 sanpai KM 47, saat ini diperpanjang mulai dari KM 69 sampai KM 47 sejak pukul 18.38," katanya.

Kasatlantas Polres Cimahi AKP Susanti Samaniah mengungkapkan Minggu malam ini merupakan puncak arus balik kendaraan pemudik dan wisatawan dari wilayah Bandung Raya.

Kepadatan di ruas Jalan Tol Cipularang itu juga diperparah dengan adanya kecelakaan beruntun yang melibatkan lima kendaraan di KM 124 jalur B Bandung arah Jakarta.

"Meningkatnya volume kendaraan yang mengarah ke Jakarta karena masyarakat pulang dari libur Idul Adha. Tadi ada lakalantas juga di KM 124 menyebabkan antrean sampai KM 117. Saat ini memang masih ramai namun lancar," ujarnya.

(mso/mso)