Sepi Pengunjung, Ini yang Akan Dilakukan Pengusaha Wisata di Lembang

Whisnu Pradana - detikNews
Minggu, 02 Agu 2020 15:53 WIB
Wisata di Lembang
Wisata di Lembang, Bandung Barat (Foto: Whisnu Pradana/detikcom).
Bandung Barat -

Objek wisata di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, bakal mengembalikan kembali harga tiket masuk ke harga normal pada pekan depan.

Sebelumnya, objek wisata di Lembang menaikkan harga tiket masuk sebesar 30 persen sejak 13 Juni lalu. Alasannya, kenaikan tiket tersebut untuk menekan kunjungan wisatawan.

Pengelola objek wisata The Great Asia Africa (TGAA) Perry Tristianto mengungkapkan saat ini harga tiket masuk ke TGAA sebesar Rp 65 ribu dari harga normal Rp 50 ribu.

"Iya akan turun lagi ke harga normal Rp 50 ribu. Soalnya kalau sekarang di harga Rp 65 ribu itu jujur terlalu mahal untuk pengunjung. Rencananya Senin besok dikembalikan harganya," ungkap Perry saat ditemui, Minggu (2/8/2020).

Harga tiket juga mempengaruhi kunjungan wisatawan ke objek wisatanya. Meskipun ada pembatasan maksimal 50 persen namun kapasitas maksimal tersebut tidak pernah terpenuhi.

"Ya tentu berpengaruh ke kunjungan. Kalau mahal seperti ini kan kasihan pengunjung. Di hari biasa itu hanya 400 orang, jauh banget dari biasanya yang sampai 2 ribu. Kalau akhir pekan lumayan, bisa sampai 3 ribu tapi biasanya itu 10 ribu kunjungan sehari," bebernya.

Minimnya kunjungan tersebut berpengaruh ke pendapatannya. Sebab, pendapatan sehari-hari hanya cukup untuk menutupi gaji karyawan dan belum bisa untuk biaya operasional lain apalagi profit.

"Jangankan profit, untuk gaji karyawan juga kadang kurang. Jadi kalau seperti ini terus agak berat juga, bukan hanya buat kita pengusaha tapi kan di sini ada juga pelaku UMKM, mereka juga terdampak karena sepi pengunjung," terangnya.

Saat ini kunjungan wisatawan didominasi dari luar daerah. Namun pihaknya belum banyak menerima kunjungan wisatawan rombongan dalam jumlah banyak.

"Paling keluarga saja, memang dominasi luar kota. Kalau kunjungan dari rombongan itu masih sangat jarang, mungkin anak sekolah juga belum masuk kan," ujarnya.

Tonton video 'Sekda Bandung Rekomendasikan Tempat Biliar Dibuka':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)