Catat! Sejumlah Jalan di Bandung Tutup Lebih Cepat Malam Ini

Yudha Maulana - detikNews
Sabtu, 01 Agu 2020 18:06 WIB
Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Jawa Barat ditutup sementara selama pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Begini suasananya.
Jalan Asia Afrika Bandun. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Bandung -

Satlantas Polrestabes Bandung akan mempercepat penutupan sejumlah titik jalan utama di Kota Bandung pada malam hari, selama musim libur Idul Adha 1441 H, tepatnya pada 31 Juli hingga 2 Agustus 2020.

Penutupan yang sedianya dilakukan pukul 21.00 WIB, akan dilaksanakan pada pukul 20.30 WIB atau setengah jam lebih cepat. Sekadar diketahui, buka tutup diberlakukan di Jalan Oto Iskandar Dinata (Otista), Braga, Merdeka, Asia Afrika-Tamblong, Banceuy-ABC, Lembong-Tamblong, Merdeka, Ir.H. Djuanda (Dago), Purnawarman, Diponegoro.

Salah satu ruas jalan yang juga ditutup ialah kawasan Lingkar selatan. Jalan di Lingkar Selatan yang ditutup yakni di seputaran Jalan BKR, Jalan Pelajar Pejuang 45, Jalan Laswi, Jalan Kopo, terutama yang mengarah ke pusat Kota Bandung.

Kasatlantas Polrestabes Bandung, Kompol Bayu Catur Prabowo mengatakan, jadwal penutupan dipercepat karena adanya peningkatan kendaraan yang masuk ke Kota Bandung. Sementara itu, jumlah kendaraan yang keluar Kota Bandung jumlahnya lebih sedikit.

"Karena berdasarkan data yang kita dapatkan di beberapa gate tol, bahwa ada peningkatan kendaraan yang masuk ke Kota Bandung, dibandingkan yang keluar. Mungkin ada selisih sekitar 20 ribu kendaraan yang masuk ke Kota Bandung, artinya masih ada 20 ribu kendaraan di Kota Bandung itu yang belum keluar," kata Catur saat dihubungi, Sabtu (1/8/2020).

Selain mempercepat penutupan jalur, sambung Catur, saat ini Satlantas Polrestabes Bandung tengah memfokuskan pengaturan lalu lintas terhadap jalur-jalur menuju tempat wisata dan jalur keluar Kota Bandung agar lebih kondusif.

"(Titik pengaturannya) seperti ke arah Lembang, yang lewat Ledeng maupun lewat Dago, serta jalur kepulangan masyarakat lewat Pasteur," ujar Catur.

(yum/bbn)