4 Wisatawan Nyaris Hilang Terseret Arus Pantai Citepus Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Sabtu, 01 Agu 2020 17:49 WIB
Wisatawan Terseret Arus di Pantai Citepus Sukabumi
Wisatawan terseret arus di Pantai Citepus Sukabumi. (Foto: istimewa)
Sukabumi -

Empat wisatawan nyaris hilang terseret arus Pantai Kebon Kalapa, Citepus, Sukabumi, Jawa Barat. Petugas Pemandu Keselamatan Wisata Tirta yang berada di lokasi berhasil menyelamatkan para korban.

Informasi dihimpun peristiwa pertama terjadi sekitar pukul 09.30 WIB, lalu kejadian kedua sekitar pukul 13.30 WIB, Sabtu (1/8/2020).

"Korban yang satu orang berhasil diselamatkan, namun menolak untuk di data petugas. Sejak awal dia memang bandel dan enggan mendengar peringatan petugas, dia berenang sendirian di lokasi yang terpasang bendera peringatan. Ketika terbawa arus kita selamatkan dia malah marah-marah karena enggak mau didata," kata Kepala Operasional dan SDM Satgas Pemandu Keselamatan Wisata Tirta Kabupaten Sukabumi Asep Edom Saefulloh.

Peristiwa kedua, tiga orang yaitu Muhamad Rizki (10) dan Mirza (16) warga Cianjur, dan Reza (8) warga Kota Sukabumi, terseret arus saat fasilitas penyewaan papan boogie boat. Papan yang mereka naiki terbalik dan ketiganya sempat tergulung ombak.

"Mereka sewa papan selancar, kami tegur juga yang menyewakan papan tersebut. Beberapa petugas lifeguard langsung menyelamatkan ketiganya, begitu kita selamatkan langsung kita bawa ke RSUD Palabuhanratu karena kondisinya kritis," kata Asep.

Tiga korban yang berhasil diselamatkan saat ini masih berada di rumah sakit. Satu korban yang paling kecil, kondisinya sempat kritis. "Mungkin banyak minum air laut, proses penyelamatan juga tidak mudah. Anggota kami ada yang digigit oleh korban, mungkin karena ketakutan ketika terseret arus," ujar Asep.

(sya/bbn)