Arus Mudik Libur Idul Adha di Tol Cipularang Terus meningkat

Dian Firmansyah - detikNews
Jumat, 31 Jul 2020 11:08 WIB
Kondisi arus lalu lintas di Tol Cipularang terus meningkat
Kondisi arus lalu lintas di Tol Cipularang terus meningkat (Foto: Dian Firmansyah)
Purwakarta -

Libur Idul Adha, situasi Arus Lalu Lintas di ruas Jalan Tol Cipularang terus meningkat. Kondisi ini terpantau di Gerbang Tol Kalitama 1 Dawuan, Karawang.

Antrean kendaraan dari arah Jakarta menuju Bandung sesekali kerap terjadi di pintu pembayaran tol ini. Kendaraan pribadi bernomor polisi Jakarta mendominasi arus lalu lintas.

Menurut SPV Customer Service Gerbang Tol Kalitama Deni Setiawan, arus kendaraan di libur panjang terus meningkat dibanding lalu lintas di hari normal.

"Ada peningkatan cukup signifikan, biasanya tidak seramai ini kalau hari biasa, lalu lintas normal tidak ada antrian, cuma mendekati hari H dan di hari Ha ini ada peningkatan dan puncaknya semalam," ujar Deni di kantornya di sekitar gerbang tol kalitama, Jumat (31/07/2020).

Berdasarkan data dari pihak pengelola tol, terhitung pada hari Kamis (30/07) sejak pukul 00.00 WIB sampai dengan pukul 23.59 WIB, sebanyak 44.076 kendaraan melintas di gerbang tol kalitama 1, sedangkan pada hari Jumat (31/07) sejak pukul 00.00 WIB sampai dengan pukul 08.59 WIB, sebanyak 16.535 kendaraan yang melintas di gerbang ini.

"Puncaknya itu semalam, dilihat dari data tercatat hampir 3 kendaraan yang melintas dalam setiap jamnya," terangnya.

Jika di banding lalu lintas semalam, arus mengalami penurunan namun diperkirakan akan terus meningkat selepas shalat Ied dan shalat Jumat.

"Sekarang turun di banding semalam cuma diperkirakan mulai pukul 9 ke atas kendaraan meningkat lagi" kata Deni.

Meningkatnya arus lalu lintas disebabkan banyaknya warga Jakarta dan sekitarnya yang melakukan perjalanan untuk menikmati masa libur panjang Idul Adha dan akhir pekan, baik pulang ke kampung halaman atau pergi ke tempat wisata.

(mud/mud)