Warga Ciamis Tunaikan Salat Idul Adha Berjamaah di Masjid Terdekat

Dadang Hermansyah - detikNews
Jumat, 31 Jul 2020 07:57 WIB
Warga Ciamis salat Idul Adha di masjid lingkungan masing-masing
Warga Ciamis salat Idul Adha di masjid lingkungan masing-masing (Foto: Dadang Hermansyah)
Ciamis -

Pemkab Ciamis memastikan tak menggelar Salat Idul Adha 1441 H tingkat Kabupaten karena Pandemi COVID-19. Tapi mengizinkan warga untuk menunaikan salat Id di masjid atau lapangan di daerahnya.

Warga di beberapa masjid di sejumlah wilayah melaksanakan salat Id di masjid, Jumat (31/7/2020). Seperti pantauan detikcom di Masjid Al Anwar Imbanagara Raya, Kecamatan Ciamis.

Warga dengan khusyuk melaksanakan salat. Namun berbeda dengan Idul Fitri, di Idul Adha ini jumlah jemaah lebih sedikit. Khotib Salat Id Upen Suwandi menyampaikan dalam Idul Adha ini pelajaran yang diambil adalah kesabaran dan keikhlasan.

"Semoga kita semua diberikan kesabaran dan selalu berbuat kebaikan," katanya dalam khutbah.

Di daerah lainnya, seperti di Desa Handapherang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, warga setempat Khairul Rizal melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Baiturohman. Ia mengaku bahagia masih bisa melaksanakan ibadah salat Idul Adha ini meski di tengah pandemi COVID-19.

"Solat Idul Adha Di masa pandemi COVID-19 ini saya bersama keluarga ikut berjamaah di masjid. Tapi kami tetap lebih hati-hati dan menggunakan masker dan face shield sesuai anjuran pemerintah," ungkapnya saat dihubungi detikcom.

Masjid Agung Ciamis pun melaksanakan salat Idul Adha. Meski skalanya hanya untuk warga sekitar. Seperti penuturan Tedi Setiadi, warga Jalan Kaum, ia melaksanakan salat Id di Masjid Agung.

Ia mengaku cukup sedih dengan kondisi saat ini, karena biasanya Salat id dilaksanakan dalam jumlah banyak di halaman Masjid Agung.

"Cukup sedih dengan kondisi saat ini, yang tahun lalu kita bersama-sama di sini dengan ribuan jemaah salat, tapi sekarang hanya untuk warga sekitar saja di dalam Masjid Agung," ucapnya.

Ia mengatakan pelaksanaan protokol kesehatan di Masjid Agung Ciamis cukup ketat. Seperti harus pakai masker, jemaah harus membawa sajadah sendiri dan jarak antar jemaah telah ditentukan dengan tanda batas.

Ketua DKM Masjid Agung Ciamis Wawan S Arifien membenarkan hal tersebut. Biasanya Salat Id digelar oleh PHBI tingkat Kabupaten. Sehingga DKM meminta izin untuk tetap menggelarnya untuk masyarakat sekitar masjid.

"Tetap melaksanakan salat Idul Adha untuk tingkat lingkungan masjid. Pemkab sudah menyetujuinya, digelar untuk warga Lingkungan Janggala. Karena mereka tidak memiliki tempat luas untuk salat Id, daripada Masjid Agung kosong," ucapnya.

DKM sebelumnya juga mempersiapkan protokol kesehatan di Masjid Agung Ciamis. Mulai dari memasang tanda jarak untuk jemaah dan pengecekan suhu tubuh.

Wawan yang juga Ketua DMI Ciamis mengatakan sejumlah masjid di daerah, di Dusun sampai Desa tetap menggelar salat Idul Adha berjamaah.

(mud/mud)