Penjualan Hewan Kurban Menurun Drastis, Peternak di Kuningan Menjerit

Bima Bagaskara - detikNews
Kamis, 30 Jul 2020 15:56 WIB
Penjualan hewan kurban di Kuningan
Penjulan hewan kurban di Kuningan (Foto: Bima Bagaskara/detikcom).
Kuningan -

Peternak sapi yang ada di Kabupaten Kuningan mengeluhkan penjualan yang menurun drastis di momen Idul Adha tahun ini. Pandemi COVID-19 diyakini jadi penyebab menurunnya penjualan tersebut.

Seperti yang dialami Yayan Iba seorang peternak sekaligus penjual sapi di Kelurahan Awilarangan, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan.

Yayan mengatakan jika tiap tahunnya mampu menjual ratusan ekor sapi dan domba. Namun pada Idul Adha kali ini hanya mampu menjual puluhan ekor saja.

"Perbandingan jauh sekali, tahun kemarin 140 sapi habis terjual. Tahun ini menyediakan 70 ekor masih sisa 16 ekor. Untuk domba hanya 40 ekor kita sediakan, tahun lalu 100 ekor lebih," kata Yayan kepada detikcom Kamis (30/7/2020).

Ia juga menuturkan jika penurunan penjualan itu diakibatkan dari pelemahan ekonomi akibat dampak pandemi.

"Peminat banyak tapi tidak semuanya beli mungkin karena ekonomi melemah akibat pandemi," lanjut Yayan.

Yayan memastikan tahun ini akan mengalami kerugian akibat tidak semua hewan kurban yang ia miliki terjual. Untuk meminimalisir kerugian itu, Yayan mengaku mengadakan diskon besar-besaran.

Sebagai contoh, sapi dengan bobot 381 - 410 kilogram biasa dijual Rp 26,5 juta terpaksa dijual Rp 24,5 juta. Kemudian untuk domba, masyarakat

"Idul adha ini kan harapan kita satu tahun sekali tapi kenyataannya tidak sesuai," ujar Yayan.

(mso/mso)