Polda Jabar Belum Tetapkan Tersangka Kasus 'Sunat' Dana Bansos COVID-19

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Kamis, 30 Jul 2020 15:48 WIB
Ilustrasi Subsidi Bunga
Ilustrasi (Foto: shutterstock).
Bandung -

Polda Jawa Barat tengah mengusut 13 perkara dugaan 'sunat' dana bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat terdampak COVID-19. Belum ada tersangka dari ke-13 kasus tersebut.

"Belum ada penetapan tersangka," ucap Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jabar Kombes Yaved Duma Parembang via pesan singkat, Kamis (30/7/2020).

Yaved mengatakan belum adanya tersangka dalam perkara dugaan sunat dana bansos itu lantaran polisi masih dalam tahap penyelidikan. Penyidik akan melakukan klarifikasi terlebih dahulu atas perkara itu.

"Karena kasusnya masih akan diklarifikasi dulu secara lengkap melalui kegiatan pengumpulan bahan-bahan keterangan dan alat buktinya," kata dia.

Sementara itu disinggung soal nominal pemotongan, Yaved menyatakan besarannya beragam.

"Ini bervariasi modusnya dan masih dikonfirmasikan dulu dengan berbagai pihak sehingga belum bisa disimpulkan rata-rata nominalnya (pemotongan)," ucapnya.

Sebelumnya, Polda Jawa Barat mengusut kasus dugaan penyelewengan dana bantuan sosial COVID-19 untuk masyarakat. Ada 13 perkara yang ditangani Polda Jabar beserta polres jajaran di Jabar.

Ada tujuh kasus yang ditangani oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jabar. Sedangkan sisanya sebanyak enam kasus ditangani oleh Polres jajaran seperti di Tasikmalaya, Cianjur dan empat kasus di Indramayu.

(dir/mso)