Jumlah Kasus Positif Corona Klaster Cipatujah Tasikmalaya Tambah 17 Orang

Deden Rahadian - detikNews
Kamis, 30 Jul 2020 13:52 WIB
Puskesmas Cipatujah Tasikmalaya
Foto: Deden Rahadian
Tasikmalaya -

Kasus positif Covid 19 di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat bertambah drastis, Kamis (30/07/2020). Berdasarkan data dari Satuan Tugas Covid 19 Kabupaten Tasikmalaya jumlah kasus menjadi 32 orang, dari asalnya hanya 15 orang.

Penambahan kasus positif hari ini berdasarkan uji Swab Mencapai 17 orang. Seluruh kasus positif baru berasal dari kluster satu Keluarga di Cipatujah. Selain kerabat pasien positif yang wafat, kasus konformasi terbaru juga menimpa warga yang kontak erat dengan pasien.

"Kita terima siang ini bahwa penambahan kasus Covid 19 di Kabupaten Tasikmalaya bertambah menjadi 32 kasus. Beberapa hari lalu kan masih 15 kasus. Untuk kasus Klaster Cipatujah saja total 20 kasus plus yang satu orang yang wafat", jelas Dr Heru Suharto, Jubir Satuan Tugas Covid 19 Kabupaten Tasikmalaya dihubungi detikcom, kamis (30/7/2020).

Satuan Tugas covid 19 sudah melakukan Pembatasan sosial berskala mikro di Desa Cipatujah. Bahkan, sebanyak 232 warga sudah menjalani swab masal, hasilnya masih menunggu.

"Kita sudah swab massal sekitar 232 jiwa yang kontak erat dengan pasien wafat. Hasilnya masih belum keluar. Kita tunggu semoga negatif," kata Heru.

Dari 32 kasus konfirmasi positif, sebanyak 20 orang berasal dari klaster Cipatujah. Petugas gabungan gencar melakukan sosialisasi penerapan Protokol kesehatan di Cipatujah.

(ern/ern)