Sekeluarga Positif COVID-19, Desa Cipatujah Tasik Diberlakukan PSBM

Deden Rahadian - detikNews
Jumat, 24 Jul 2020 16:55 WIB
Poster
Ilustrasi COVID-19 (Foto: Edi Wahyono)
Tasikmalaya -

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Tasikmalaya memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Mikro di Desa Cipatujah mulai Sabtu (25/7/20). Hal ini menyusul temuan kasus satu keluarga positif COVID-19.

"Kita dari Satgas Covid-19 akan melakukan Pembatasan Sosial Berskala Mikro di Desa Cipatujah mulai Sabtu besok. Ini dilakukan menyusul melonjaknya kasus Positif di Kabupaten Tasikmalaya. Apalagi, tiga warga Cipatujah yang masih satu keluarga positif Covid 19. Satu di antaranya wafat," ujar Muhammad Zein, Ketua Harian Satuan Tugas Covid 19 Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (24/7/2020).

Dua dari tiga orang yang positif COVID-19 terbaru merupakan pasangan suami istri yang juga tenaga medis di Puskesmas Cipatujah. Akibatnya, Selain PSBM Desa Cipatujah, Puskesmas dan kantor kecamatan akan ditutup pelayananya mulai Sabtu (25/7/2020).

"Puskesmas Cipatujah juga kita tutup sampai tiga hari ke depan, pelayanan medisnya. Sambil menunggu evaluasi lagi", tambah Zein.

Satuan Tugas COVID-19 langsung melakukan tracing terhadap 35 orang warga yang kontak erat. Mereka dilakukan test swab.

"Sudah tes Swab 35 orang antisipasi penyebaran Covid 19. Apalagi temuan virusnya menurut tenaga medis ini virus Covid-19 yang ganas", Kata Zein

Pasca tiga pekan landai, kasus COVID-19 terus menanjak tiga hari terakhir. Jumlah kasus positif mencapai 15 orang dengan satu kasus wafat.

Akibatnya Satgas COVID-19 Kabupaten Tasikmalaya kembali membatasi kegiatan yang melibatkan banyak warga. Kegiatan keagamaan dan pemerintahan dibatasi hanya maksimal 200 orang. Sementara kegiatan Sosial termasuk resepsi pernikahan dilarang.

"Kita tegaskan kegiatan yang melibatkan banyak warga dilarang. Hanya kegiatan agama dan pemerintahan itu pun maksimal 200 orang. Sementara kegiatan sosial yang libatkan banyak warga tidak boleh termasuk resepsi pernikahan," pungkas Zein.

Kapolres Tasikmalaya AKBP Hendria Lesmana SIK menambahkan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, kepolisian mengingatkan warga terkait protokol kesehatan menggunakan masker dan menjaga jarak serta mencuci tangan.

"Bagi mereka yang melaksanakan kegiatan dengan banyak orang harus mendapatkan izin dulu dari tim gugus tugas, kegiatannya harus sesuai dengan protokol kesehatan," kata Hendria.

(mud/mud)