Pemkot Bandung Akhirnya Ikuti Aturan Pemprov Jabar Soal Denda Masker

Wisma Putra - detikNews
Rabu, 29 Jul 2020 13:52 WIB
Wali kota bandung oded m danial
Foto: Siti Fatimah
Bandung -

Pemkot Bandung akhirnya mengikuti aturan Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang menerapkan denda bagi warga yang tidak menggunakan masker.

Aturan soal sanksi denda tersebut tertuang dalam Pergub Nomor 60 tahun 2020 tentang pengenaan sanksi administratif terhadap pelanggaran tata tertib kesehatan dalam pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar dan adaptasi kebiasaan baru dalam pelanggaran kesehatan COVID-19 di daerah Provinsi Jabar.

Seperti diketahui, sebelumnya Wali Kota Bandung Oded M Danial menerapkan aturan sosial bagi warga yang tidak menggunakan masker.

"Ikut, ikut. Pelaksanaannya bertahap," kata Wali Kota Bandung Oded M Danial di Balai Kota Bandung, Rabu (29/7/2020).

Oded mengungkapkan, saat ini draft Perwal No 37 Tahun 2020 Kota Bandung sedang dibahas untuk dilakukan perubahan. "Masih dibahas," ujarnya.

Tak hanya denda untuk masyarakat, denda juga diterapkan untuk sektor lainnya seperti restoran atau kafe yang melanggar jam operasional dan jumlah pengunjung.

"Di Perwal juga sudah diatur. Tapi kan tetap saja, bertahap, ada teguran sebelum didenda," jelasnya.

"Kalau membandel ya kita denda," ujarnya.

Sebelumnya Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, pihaknya tidak akan langsung memberlakukan sanksi denda. Sanksi sosial hingga administrasi akan dilakukan terlebih dahulu selama 7 hari atau sepekan.

"Sudah berlaku dari hari Senin. Sekarang sanksi sosial. Kita nggak suka kayak gini (kasih denda). Ini sekadar instrumen. Ada edukasi," kata dia.

Kang Emil menambahkan sanksi denda ini bukan saja berlaku bagi para pelanggar yang tak menggunakan masker. Menurutnya, sanksi juga berlaku bagi sektor lain yang melanggar aturan protokol kesehatan.

"Nilainya dari Rp 100 ribu sampai Rp 500 ribu, contoh kalau ada kendaraan umum ya melanggar aturan protokol kesehatan nanti disanksi sopirnya Rp 100 ribu dan pemilik busnya Rp 500 ribu, itu ketentuan sudah tercantum di dalam peraturan gubernur terkait dengan sanksi protokol kesehatan selama pandemi ini," kata Emil menambahkan.

Tonton video 'Sanksi Denda Akan Berlaku, Petugas di Purwakarta Gencarkan Razia Masker':

[Gambas:Video 20detik]



(wip/ern)