Distribusi Bansos Jabar Tahap 2 Rampung, Tahap 3 Direncanakan Agustus

Yudha Maulana - detikNews
Selasa, 28 Jul 2020 12:50 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono/detikcom).
Bandung -

Pembagian Bantuan Sosial (bansos) Provinsi Jawa Barat tahap kedua telah rampung pada 26 Juli lalu. Kini, Pemerintah Provinsi Jawa Barat tengah bersiap untuk membagikan bansos untuk warga terdampak COVID-19 tahap ketiga yang rencananya akan digulirkan pada Agustus mendatang.

Ketua Divisi Logistik Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar yang juga Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disindag) Jabar Mohammad Arifin Soedjayana mengatakan, pembagian tahap kedua Bansos ini dimulai dari tanggal 8 Juli.

"Lumayan cepat, kalau semuanya berjalan sesuai rencana. Kemarin sebenarnya 15 hari selesai, tapi karena di tengah jalan ada permintaan penundaan pengiriman dari kurang lebih empat kabupaten/kota. Jadi Pemkabnya yang minta ditunda, karena misal jumlah awal ada 20 ribu penerima, tapi sekarang jadi 10 ribu. Karena awalnya kan 1,8 juta, tapi sekarang menjadi 1,4-an juta jadinya berkurang," ujar Arifin saat dihubungi detikcom, Selasa (28/7/2020).

Selain jumlah penerima yang turun, di daerah lainnya ada yang jumlah penerimanya bertambah. Menurutnya wajar di lapangan masih ada dinamika, terkait pembagian bansos ini. Pasalnya, pemerintah dari berbagai tingkatan telah menyiapkan sembilan pintu bantuan bagi warga yang terdampak COVID-19.

"Kepala desa juga kan punya aspirasi, katanya kenapa warganya kemarin dikasih, tapi sekarang tidak dikasih di tahap kedua ini, jawabannya karena ada penerima bantuan bansos ini yang sudah menerima bantuan yang lain, misal dari kementerian atau dana desa, dan lainnya," kata Arifin.

Saat ini pihaknya, masih terus mengevaluasi terkait pembagian bansos untuk tahap selanjutnya. Termasuk, soal nilai dari bansos yang dikurangi, namun sebagai gantinya masa pembagian bansos yang diperpanjang.

"Sisi komoditi kami evaluasi dengan tim dari Unpad, katanya tercetus seperti pusat yang bansos diperpanjang masanya, tapi nilainya diperkecil. Tapi itu sedang dievaluasi untuk tahap ketiga ini, dan bentuknya seperti apa. Rencananya Agustus harus mulai lagi (tahap ketiga) agar benar dirasakan oleh masyarakat," ujarnya.

Sejauh ini, lanjut Arifin, pembagian bansos masih direncanakan dibagikan dalam empat tahap. Namun, ia tak menutup kemungkinan jika masa pembagian bansos ini ditambah.

"Bansos ini awalnya akan dibagikan dalam empat tahap, tapi kita masih menunggu hasil evaluasi. itu juga harus melibatkan eksekutif dan legislatif, tapi itu urusannya di bagian kebijakan dan pimpinan," ujarnya.

(yum/mso)


Debat Capres AS