Bahagianya Enih Melihat Rumahnya yang Dulu Ambruk Kembali Kokoh

M Solihin - detikNews
Kamis, 23 Jul 2020 19:11 WIB
Bahagianya Enih usai rumahnya dibedah TNI
Bahagianya Enih usai rumahnya dibedah TNI (Foto: M Solihin)
Bogor -

Nanih alias Anih (70) tampak bahagia setelah melihat rumah barunya. Kediamannya yang sudah bertahun-tahun dalam kondisi tidak layak huni kini kembali kokoh.

Ya, rumah Anih yang berlokasi di Desa Sukaluyu Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Bogor menjadi target program tali asih AKABRI 89. Bersama warga, TNI dan Polri membedah rumah Enih yang dianggap sudah sangat tidak layak huni itu selama kurang lebih 1,5 bulan.

"Terimakasih buat semuanya, buat bantuannya. Mohon maaf Bu Anih tidak bisa diajak berkomunikasi, karena memang agak terganggu pendengarannya, karena faktor usia juga, jadi enggak bisa ketemu banyak orang. Alhamdulillah rumah ini sudah dibedah, berkah banget. Buat bapak-bapak terhormat yang sudah membantu, terimakasih atas bantuannya," ungkap Imel, keponakan Enih ditemui usai menemani Enih meninjau rumah barunya, Kamis (23/7/2020).

Imel menyebut, kediaman Anih sebelumnya sangat tidak layak huni. Sebagian rumahnya yang berdinding bilik itu ambruk karena kayu penopangnya sudah lapuk. Jika hujan tiba, rumah Anih selalu dipenuhi air. Anih yang hidup sendiri tanpa suami dan anak ini lebih banyak pasrah, karena tidak mampu memperbaiki rumahnya.

"Sebelumnya kondisi rumahnya roboh, sudah tidak layak huni. Sekarang Alhamdulillah sudah kokoh, sudah rapih atas bantuan bapak-bapak terhormat, saya banyak-banyak terimakasih," ungkap Imel.

"Rumah ini ditempati sendiri oleh ibu Anih, suaminya sudah enggak ada, enggak punya anak, memang sendiri tinggal di rumah," imbuhnya.

Direktur Pendidikan (Dirdik) Akademi Brigjen TNI Djoko Andoko mengatakan, program bedah rumah ini merupakan wujud bakti TNI dan Polri untuk bangsa.

Bedah rumah ini, kata Djoko, berawal dari rasa peduli alumni AKBRI yang secara tidak sengaja melihat kondisi rumah tidak layak huni milik Enih yang berdiri di tengah-tengah pemukiman warga. Dalam kegiatan ini, hadir pula Kakor Binmas Irjen Pol Risyapudin Nursin, sejumlah pejabat Kabarkam Mabes Polri dan Polres Bogor.

"Bedah rumah ini sebenarnya bukan bagian dari rencana, tetapi ketika rekan-rekan kami melewati daerah sini, kemudian tergerak karena melihat dari sekian banyak rumah disini masih ada rumah yang tidak layak huni, sehingga dengan itu kami tergerak untuk melakukan bedah rumah ini," kata Djoko usai meninjau langsung rumah baru milik Enih, Kamis (23/7/2020).

(mud/mud)