Keji! 30 Adegan Rekonstruksi Ayah Tiri Tenggelamkan Balita Aulia ke Dalam Toren

Muhammad Iqbal - detikNews
Selasa, 21 Jul 2020 15:29 WIB
Rekonstruksi pembunuhan aulia oleh ayah tiri dalam toren
Foto: M Iqbal
Kabupaten Bandung -

Seorang ayah tega membunuh anak tirinya, Aulia Ekayanti (5). Balita perempuan ini ditenggelamkan ke dalam toren air di rumah kontrakan mereka di Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Pelaku Hamid alias Arifin (25) yang ditetapkan menjadi tersangka melakukan rekonstruksi dengan 30 adegan.

Rekonstruksi digelar di lokasi kejadian sekitar pukul 10.00 WIB, Selasa (21/7/2020) "Jadi hari ini kami melaksanakan rekonstruksi untuk menegaskan kembali dari keterangan-keterangan dari tersangka dan para saksi. Dan juga disinkronkan dengan adegan-adegan yang ada dalam proses rekonstruksi," ujar Kasatreskrim Polresta Bandung AKP Agta Buana Putra, Selasa (21/7/2020).

Tersangka melakoni 30 adegan dalam rekonstruksi tersebut. Dari awal mula membawa korban ke lantai tiga rumah kontrakan hingga menenggelamkannya ke dalam toren air.

"Diperkirakan sekitar 30 adegan. Dari adegan yang kita laksanakan, sempat dari kamar menuju lantai tiga beberapa paksaan, mendorong korban untuk tetap berjalan. Begitu sampai di lantai tiga, tempat TKP itu, tersangka langsung mengangkat anak tersebut ke menuju (ke dalam) toren air," katanya.

Warga sekitar pun ikut menyaksikan reka ulang. Mereka meneriaki dan mengumpat di saat tersangka datang hingga kembalinya mobil tahanan.

Sebelumnya, jasad Aulia ditemukan di dalam sebuah toren air yang berada tepat di atas kontrakan pada Jumat (17/7/2020). Aulia diperkirakan meninggal pada malam hari (16/7/2020) sebelum jasadnya ditemukan mengambang di dalam toren.

Menurut kesaksian tersangka, dirinya kesal terhadap perkataan kasar korban. Selain itu, dalam melancarkan aksinya ia dalam kondisi mabuk.

"Pelaku saat melakukan itu dalam kondisi mabuk dan juga mengkonsumsi obat keras," katanya.

Akibat perbuatannya, tersangka terancam hukum 15 tahun penjara. Pasal yang disangkakan kepada tersangka adalah Padal 80 ayat 3 UU RI NO 17 Tahun 2016 tentang Perlindungab Anak dan pasal 338 KUHPidana.

Tonton video 'Haru, Pemakaman Aulia yang Mayatnya 'Disembunyikan' Dalam Toren':

(ern/ern)