Pandemi Corona

Menaker Cerita 3 Juta Lebih Karyawan Kena PHK, Minta BLK Diperkuat

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Selasa, 21 Jul 2020 14:34 WIB
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah (Foto: Bahtiar Rifa'i/detikcom)
Serang -

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan sejauh ini ada tiga juta lebih karyawan yang kena pemutusan hubungan kerja (PHK) dan dirumahkan akibat pandemi Corona. Sebanyak 1,3 juta orang di antaranya adalah mereka yang kerja di sektor informal.

"Pandemi mengakibatkan 1,7 juta saudara kita yang harus di-PHK dirumahkan, ada 1,3 juta saudara kita yang dirumahkan, di-PHK terutama mereka pekerja pada sektor informal. Kurang lebih dampak pandemi ada 3 juta lebih kehilangan pendapatan dan berkurang pendapatan sehingga tak memiliki pendapatan sama sekali," tutur Ida di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Serang, Banten, Selasa (21/7/2020).

Pandemi ini menimbulkan tantangan bagi sektor ketenagakerjaan. Pengangguran bisa bertambah hingga total ada 9 juta lebih akibat pandemi Corona.

"Pengangguran tidak 6,8 juta lagi, ditambah dengan 3 juta berarti 9 juta lebih saudara kita terpaksa menganggur kehilangan pendapatan," katanya.

Karena kondisi ini, Kemenaker memiliki tanggung jawab salah satunya bagaimana membangun sumber daya manusia dengan meningkatkan kompetensi dan produktifitas. Balai Latihan Kerja (BLK) seperti di Serang menurutnya bisa jadi salah satu solusi ketenagakerjaan.

Tonton video 'Pemerintah Siapkan Rp 607,5 T untuk Pulihkan Ekonomi Akibat Covid-19':

Selanjutnya
Halaman
1 2