Menkop UKM: Penyerapan Dana PEN Sudah Rp 124 Triliun

Sudirman Wamad - detikNews
Sabtu, 18 Jul 2020 20:17 WIB
Teten Masduki
Menkop UKM Teten Masduki (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Indramayu -

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki menyebutkan penyerapan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk koperasi dan UMKM masih Rp 124 triliun.

"Program PEN penyalurannya saat ini sudah Rp 124 triliun. Program ini bertujuan untuk meringankan beban pembiayaan pelaku koperasi dan UMKM. Karena pendapatan mereka berkurang sejak pandemi," ujar Teten di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (18/7/2020).

Teten mengatakan seluruh UMKM dan koperasi terkena dampak COVID-19. Sekadar diketahui, pemerintah telah menyiapkan Rp 695,26 triliun untuk PEN. Teten pun berharap pada Agustus nanti penyerapan dana PEN lebih optimal.

"Selain PEN, Kemenkop UMKM memiliki rencana untuk memberikan bantuan lainnya kepada pelaku UMKM dan koperasi," katanya.

Menurut Teten, koperasi akan mendapatkan keringanan kredit selama enam bulan. Kemudian, lanjut dia, pemerintah juga memberikan modal kerja bagi UMKM.

"Biaya pajaknya juga akan disubsidi. Presiden sudah menyiapkan program tambahan, seperti bansos produktif," ucap Teten.

Pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp 190 triliun untuk kredit usaha rakyat (KUR) bagi UMKM. Menurut dia, pihaknya hanya memberikan bunga sebesar enam persen.

"Memang penyerapan belum mudah. Baru terserap Rp 70 triliun. Masih ada sekitar Rp 120 triliun, masih melimpah. Kita sebagai user, mendorong untuk mengevaluasi agar penyalurannya lebih mudah," tutur Teten.

(bbn/bbn)


Debat Capres AS