ADVERTISEMENT

Gelombang Pasang Terjang Perahu-Rusak Saung di Cisolok Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Sabtu, 18 Jul 2020 14:13 WIB
Perahu Diterjang Gelombang di Cisolok Sukabumi
Gelombang pasang menerjang perahu dan merusak saung di Cisolok Sukabumi. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi -

Titin (55) pemilik saung tempat berjualan di kawasan pesisir Pantai Cisolok, Kabupaten Sukabumi, kaget melihat saung milik tetangganya hancur berantakan. Sebuah perahu juga ikut terhempas karena diterjang gelombang pasang, Sabtu (18/7/2020) pagi.

Tidak jauh dari deretan saung-saung itu memang menjadi lokasi tertambatnya perahu di kawasan pesisir atau sekitar lima meter ke lepas pantai. Menurut Titin, pagi tadi usai salat subuh, ia memang mendengar deburan ombak tidak seperti biasanya.

"Saat ada deburan ombak pertama saung ini roboh, sekitar jam 05.00 WIB, sampai perahu terbawa ke sini," ujar Titin sambil tangannya mengais asbes dan puing kayu di sekitar lokasi.

Menurutnya, saung yang hancur itu milik kenalannya. Air laut sempat masuk ke area warung warga di lokasi wisata Karang Hawu yang masih di Kecamatan Cisolok.

Sri (40) menyebut air sempat masuk ke dalam warung miliknya. Khawatir terus membesar ia dan beberapa pemilik warung terpaksa mengevakuasi peralatan elektronik dan barang berharga ke lokasi yang lebih aman.

Sri menyebut gelombang pasang mulai menerjang sekitar pukul 03.00 WIB, "Saya lagi tidur dengar itu gemuruh, kaget banget, agak gemetar juga pas air masuk ke dalam warung," ujarnya.

Beruntung saat itu tidak ada kerusakan terhadap barang barang miliknya yang tersimpan di dalam warung. Ia hanya merasa waswas saat melihat ombak laut yang besar.

"Barang-barang nggak ada yang rusak, tapi air laut sempat masuk ke dalam warung. Sampai sekarang air masih besar, cuma nggak seperti pas pagi tadi, sudah agak surut sekitar pukul 06.00 WIB," ucap Sri.

Informasi yang diperoleh, gelombang tinggi juga terjadi di wilayah Ujung Genteng. Sejumlah perahu nelayan dikabarkan rusak akibat terjangan ombak.

(sya/bbn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT