Ini Imbauan MUI Serang soal Pemotongan Hewan Kurban Saat Pandemi Corona

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Kamis, 16 Jul 2020 15:22 WIB
Jelang Idul Adha kini hewan qurban mulai bermunculan di Jakarta, Pemprov DKI melalui Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria mengecek langsung kesiapan hewan qurban di PD Dharma Jaya, Jakarta Timur, Rabu (16/7/2020).
Foto: Ilustrasi (Rifkianto Nugroho/detikcom).
Serang -

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Serang membolehkan panitia hewan kurban di Idul Adha nanti melaksanakan pemotongan hewan kurban di halaman masjid atau lapangan saat pandemi Corona. Asalkan tak berkerumun dan pembagian daging langsung disalurkan ke rumah penerima.

"MUI Kota Serang imbau ke panitia hewan kurban agar dibagikan panitia diantar ke rumah masing-masing sehingga menghindari kerumunan dan pertemuan orang banyak," kata Sekretaris MUI Kota Serang Amas Tadjudin, Serang, Banten, Kamis (16/7/2020).

Kedua, saat melakukan penyembelihan hewan kurban, menguliti atau saat mencincang daging, panitia harus saling menjaga jarak. Selain itu panitia juga harus menggunakan masker, sarung tangan plastik atau alat pelindung diri lain agar daging tetap higienis.

"Tak ada kerumitan, di lapangan boleh tapi harus menjaga jarak, agar higienis panitia menggunakan APD. Dan paling penting distribusi hewan kurban tidak mengumpulkan orang banyak tapi panitia punya catatan penerima dan diantar ke rumah masing-masing," jelasnya.

Soal ada imbauan agar hewan kurban dibagikan sudah dalam bentuk siap saji, MUI Kota Serang pun tidak melakukan larangan. Sebetulnya, dilakukan sebagaimana kebiasaan pun tak menjadi asalkan panitia hewan kurban tetap menjaga higienitas daging dan menjamin protokol kesehatan.

"Panitia kurban harus sanggup membagikan memenuhi protokol kesehatan ini lebih baik. Dikemas berbagai bentuk dan lain-lain tidak ada perubahan tata cara," tegasnya.

(bri/mso)